Banten Tanpa Medali di MTQ XXIX

Banten Tanpa Medali di MTQ XXIX - mtq 2022 - www.indopos.co.id

MTQ ke XXIX di Kalimantan Selatan. Foto: Ist

INDOPOS.CO.ID – Qori/Qoriah dari Provinsi Banten harus menelan pil pahit di Musabaqah Tilawatil Qu’ran (MTQ) Tingkat Nasional ke XXIX tahun 2022 di Provinsi Kalimantan Selatan.

Dari sejumlah lomba yang dipertandingan dalam ajang dua tahunan itu, tak satupun perwakilan dari Provinsi Banten yang berhasil menjadi juara dalam berbagai cabang yang dilombakan, baik juara satu hingga juara harapan 3 tak satupun berhasil diraih oleh perwakilan dari Banten yang selama ini dikenal sebagai daerah religius.

“Ini sungguh prestasi yang sangat memalukan.Bukti tidak adanya pembinaan terhadap qori/qoriah berprestasi selama ini yang dilakukan oleh Pemprov Banten. Ini sudah berlangsung sejak era kepemimpinan Wahidin Halim,” ungkap Ferry Poernawan, seorang ustad muda dari Kecamatan Tanara, Kabupaten Serang kepada indopos.co.id,Rabu (19/10/2022).

Menurut Ferry, salah satu bukti tidak adanya kepedulian Pemprov Banten terhadap pembinaan qori/qoriah serta santri di Provinsi Banten adalah, tidak ada satupun perwakilan dari Provinsi Banten yang dikirimkan dalam pekan olahraga dan seni santri tingkat nasional 2022 di Sulawesi Selatan.” Ini salah satu bukti kurangnya pembinaan dan perhatian dari Pemprov Banten terhadap santri yang berprestasi, dan ini merupakan hasil warisan dari gubernur Banten Wahidin Halim,” tuturnya.

Diketahui, Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Tingkat Nasional XXIX Tahun 2022 di Provinsi Kalimantan Selatan telah berakhir.

Ketua Dewan Hakim KH Sayyid Agil Husin Al-Munawar pun sudah menetapkan nama-nama peraih juara pada ajang dua tahunan itu. Ketetapan juara MTQ Nasional XXIX tahun 2022 itu disampaikan pada malam penutupan di Kiram Park, Banjar, Selasa (18/10/22) lalu

Provinsi Jawa Timur keluar sebagai Juara Umum dengan nilai 87. Ini disusul Provinsi DKI Jakarta dengan nilai 66 dan tuan rumah Provinsi Kalimantan Selatan dengan nilai 62. Keputusan ini tertuang dalam Surat Keputusan Nomor 05/DH.Kep/MTQN-XXIX/2022. Berikut ini daftar provinsi yang masuk dalam 10 besar MTQ Nasional XXIX tahun 2022 : 1. Jawa Timur maraih nilai (87) 2. DKI Jakarta (66) 3. Kalimantan Selatan (62) 4. Jawa Barat (43) 5. Sumatera Barat (35) 6. Sumatera Utara (22) 7. Kepulauan Riau (20) 8. Sumatera Selatan dan Aceh (12) 9. Jambi (8) 10. Jawa Tengah (7).

Dengan hasil tersebut, Provinsi Banten adalah satu satunya Provinsi di Pulau Jawa yang tidak satupun berhasil meraih medali apapun dalam ajang dua tahunan tersebut. (yas)

Exit mobile version