Sungai Krung Langsa Meluap, 6.782 Warga Terdampak Banjir di Kota Langsa

Kota-Langsa

ilustrasi banjir Foto: dok INDOPOS.CO.ID

INDOPOS.CO.ID – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Langsa melaporkan sebanyak 6.782 warga terdampak banjir. Hujan lebat yang mengguyur Kota Langsa, Provinsi Aceh, pada Jumat (4/11) mengakibatkan sungai Krung Langsa meluap ke pemukiman warga.

“Sedikitnya 2.261 rumah warga tergenang banjir di tiga kecamatan. Kecamatan terdampak di antaranya Kecamatan Langsa Baro, Kecamatan Langsa Kota dan Kecamatan Langsa Lama,” ujar Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan, BNPB Abdul Muhari dalam keterangan, Sabtu (5/11/2022).

Ia menuturkan, tim gabungan yang terdiri dari unsur TNI/ Polri, BPBD, Basarnas, Dinsos, Pemerintah setempat dan masyarakat telah melakukan evakuasi terhadap korban terdampak banjir. Selain itu, upaya pemenuhan kebutuhan dasar juga telah dilakukan dengan mendirikan 8 titik dapur umum yang tersebar di beberapa lokasi.

Kondisi terkini yang berhasil dihimpun Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BNPB hingga saat ini debit air di Sungai Krung Langsa belum mengalami penurunan.

Sebelumnya, Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto mengingatkan, masyarakat agar terus meningkatkan kesiapsiagaan dan kewaspadaan. Terutama dalam mempersiapkan potensi bahaya cuaca ekstrem.

“Siapkan personel beserta kemampuannya, lakukan apel gabungan dan lakukan pengecekan kesiapan peralatan,” kata Suharyanto.

“Yang tidak kalah penting, siapkan rencana kontijensinya, siapkan secara matang dan menjadi pedoman apabila terjadi bencana,” imbuhnya.(nas)

Exit mobile version