Edukasi Layanan Jenazah, Barzah LPM Dompet Dhuafa Blusukan ke Enggano

DD-blusukan

Dompet Dhuafa Bengkulu mengadakan rangkaian kegiatan pelatihan pemulasaraan jenazah di Provinsi Bengkulu

INDOPOS.CO.ID – Bagian Pemulasaraan Jenazah (Barzah) LPM Dompet Dhuafa bersama dengan Dompet Dhuafa Bengkulu mengadakan rangkaian kegiatan pelatihan pemulasaraan jenazah di Provinsi Bengkulu.

Di ujung Kabupaten Bengkulu Utara, di Desa Apoho dan Desa Banjarsari Enggano, petugas pemandi jenazah sangat membutuhkan penguatan dalam mengurus jenazah secara Islam dan sunah. “Karena itu, Barzah hadir menebar manfaat melalui layanan pendidikan dan pelatihan,” ungkap Madroi selaku Kepala Barzah LPM Dompet Dhuafa.

Selain di Pulau Enggano, lanjut Madroi, pada Rabu hingga Sabtu, 2-5 November 2022, Barzah sebelumnya mengadakan pelatihan di tiga tempat: Kota Bengkulu, Kabupaten Seluma dan Kabupaten Bengkulu Tengah, wilayah Seluma merupakan termasuk kategori Desa 3T (Tertinggal, Terpelosok dan Tapal Batas).

Sebanyak 177 peserta penerima manfaat yang mengikuti pelatihan, terdiri dari para amil jenazah, Dewan Kemakmuran Masjid (DKM), ibu-ibu majelis taklim, lembaga/yayasan/organisasi kemasyarakatan, perangkat desa, tokoh masyarakat, dan elemen masyarakat umum lainnya.

“Pembekalan dan penguatan panduan penyelenggaraan pemulasaraan jenazah kepada warga Enggano oleh tim Barzah seperti sebuah pencerahan. Jauh sebelumnya kami sudah melakukan asesmen bahwa mereka mengalami kesulitan tatkala melakukan fardu kifayah penyelenggaraan pemulasaraan jenazah. Rasa syukur dan ucapan terima kasih ke Dompet Dhuafa tulus disampikan warga pulau,” ucap Een, Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Bengkulu melalui keterangan rilisnya pada (Rabu, 16/11/2022).

Tidak hanya mengadakan pelatihan, Barzah Dompet Dhuafa bersama DD Bengkulu pun memberikan bingkisan untuk penggali makam dan amil jenazah di wilayah Bengkulu dan Pulau Enggano. (adv)

Exit mobile version