Talkshow Makin Cakap Digital dan Road to Sail Tidore Ternate, Maluku Utara

KreatiFund

Talkshow Makin Cakap Digital. Foto: Dokumen Kemkominfo

INDOPOS.CO.ID – Dalam rangka kampanye Gerakan Nasional Literasi Digital di Indonesia, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), Pemerintah Provinsi Maluku Utara meningkatkan literasi digital secara merata ke seluruh Indonesia.

Kegiatan berlangsung selama satu hari dan dihadiri oleh masyarakat umum beserta komunitas-komunitas lokal di Ternate, Maluku Utara sebagai peserta di kegiatan ini. Wali Kota Tidore Kepulauan, Capt. H. Ali Ibrahim mengatakan Maluku Utara masih menempati posisi nomor 24 dalam indeks literasi digital.

Dengan adanya kegiatan literasi digital di Tidore, ia berharap Maluku Utara mampu meningkat menjadi peringkat 20 besar dalam indeks literasi digital.

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Maluku Utara, I. Tahmid Wahab mengatakan, bahwa promosi pariwisata secara digital dan konvensional merupakan cara promosi yang saling menguatkan.

“Berpromosi secara online tidaklah mematikan pemasaran secara konvensional, tetapi justru saling menguatkan. Seperti halnya Google My Business, Google My Business membuat objek wisata semakin terkenal dan mudah diakses oleh calon wisatawan,” jelas Wahab dalam keterangan, Minggu (4/12/2022).

Hal yang sama diungkapkan Kepala Dinas Kemkominfo dan Persandian Maluku Utara, Iksan Arsyad. Dia mengatakan, mudahnya akses internet harus diimbangi dengan pengetahuan literasi digital yang mumpuni.

“Perkembangan dunia digital telah menyasar ke segala sisi kehidupan. Hampir semua orang bisa mengakses internet kapanpun mereka mau,” katanya.

Meskipun demikian, lanjut dia, banyak pengguna internet masih belum memiliki kemampuan memahami dan mengelola informasi dengan baik. Mereka hanya mampu menerima saja. Alhasil, masih banyak masyarakat terpapar oleh informasi yang tidak benar.(ibs)

Exit mobile version