Mengenalkan Kahuripan Kampung Tajur Melalui Festival Road to Urban Village

tajur

Performance desa Nusaena Tajur pada Road To Urban Village Universitas Telkom 2022. Foto : Mahasiswa Univ Telkom for indopos.co.id

INDOPOS.CO.ID – Mahasiswa/i Program Studi (Prodi) Ilmu Komunikasi, Telkom University menggelar Festival Road to Urban Village, yaitu merupakan acara pra-event dari “Urban Village” yang akan diadakan di Telkom University pada 7 Januari 2023.

Kegiatan ini diadakan dengan tujuan untuk memperkenalkan desa wisata budaya Jawa Barat (Jabar) kepada khalayak luas khususnya masyarakat Jabar. Festival Road to Urban Village menghadirkan delapan desa wisata budaya dengan ciri khas dan keunikannya masing-masing.

Salah satu desa wisata yang akan diperkenalkan kepada publik adalah desa wisata Kampung Tajur dengan branding Nusaena Tajur berpadu melaksanakan “Festival Road to Urban Village” pada hari Minggu4 Desember 2022 di Taman Musik Centrum, Kota Bandung.

Desa wisata “Kampung Tajur” yang terletak di Desa Pasanggrahan Kabupaten Purwakarta berpotensi menjadi desa wisata berbudaya, karena keasriannya dan masih kental akan adat dan budaya. Beberapa hal tradisional masih menjadi keistimewaan kampung ini, yaitu adanya budaya tutunggulan serta melestarikan Rumah Adat “Julang Ngapak”.

Keunikan dari desa ini dapat dinikmati oleh para wisatawan yang ingin mengunjungi desa. Nuansa alam dan rumah khas Julang Ngapak berwarna hitam dan putih menjadi daya tarik Kampung Tajur, karena seluruh rumah warga yang ada di desa ini memiliki bentuk dan warna yang seragam.

Berpadu dalam Festival Road to Urban Village diadakan untuk mengenalkan kehidupan Kampung tajur, Nusaena Tajur merepresentasikan booth bertemakan kehidupan Kampung Tajur dengan berbagai hiasan tradisional khas Kampung Tajur.

Pada festival ini, Nusaena Tajur turut ikut serta mengikuti pawai dengan berkeliling menggunakan atribut khas Kampung Tajur seperti rumah Julang Ngapak dan membawa alat rumah tangga sebagai bentuk dari campaign Tajur Bebersih.

Rute pawai dimulai dari SMAN 5 Bandung, melewati SMAN 3, Kodam, Taman Maluku, Gor Samawa, TNI AD dan berhenti di tempat berlangsungnya acara, yaitu Taman Musik. Tidak hanya itu, Nusaena Tajur juga menampilkan performance drama musikal yang mengandung pesan-pesan mengenai rumah khas Kampung Tajur.

Selain para mahasiswa yang hadir dalam rangkaian acara tersebut, Road to Urban Village juga dihadiri oleh para dosen dari program studi Ilmu Komunikasi, Telkom University dan beberapa pentahelix, salah satu pentahelix yang ikut mendukung serta meramaikan booth Nusaena Tajur adalah Mojang Jajaka Kota Bandung.

Para dosen dan Mojang Jajaka turut mendukung serta meramaikan booth dari Nusaena Tajur, salah satu yang hal yang dilakukan mereka adalah berfoto bersama dengan frame rumah khas Kampung Tajur yaitu Julang Ngapak. (aro)

Exit mobile version