Akhiri Misi Bawa Golok, Tim Polda Banten Kunjungi Kedubes RI di Belanda

golok

Tim Kepolisian Daerah (Polda) Banten mengunjungi Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Den Haag, Belanda, pada Selasa (20/12/2022). Duta Besar Republik Indonesia untuk Belanada Mayerfas bersama Koordinator Fungsi (Korfung) Politik Febrizki Bagja Mukti menerima langsung kedatangan Tim Polda Banten. Foto: Humas Polda Banten untuk INDOPOS.CO.ID

INDOPOS.CO.ID – Akhiri kunjungan di Belanda, Tim Kepolisian Daerah (Polda) Banten mengunjungi Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Den Haag, Belanda, pada Selasa (20/12/2022). Duta Besar (Dubes) Republik Indonesia untuk Belanda Mayerfas bersama Koordinator Fungsi (Korfung) Politik Febrizki Bagja Mukti menerima langsung kedatangan Tim Polda Banten.

“Terima kasih atas waktunya Yang Mulia, menerima Tim Polda Banten untuk diskusi bersama,” ujar Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (humas) Polda Banten Komisaris Besar (Kombes) Pol Shinto Silitonga, saat mengenalkan diri dan Tim Polda Banten.

Dubes Mayerfas mengatakan, pendekatan budaya menjadi agenda kegiatan tahunan yang dilakukan oleh KBRI di Den Haag.

“Khusus event pencak silat, federasi yang ada di Belanda juga selalu mengundang Kedubes untuk hadir, beberapa event juga gunakan alat termasuk golok,” kata dia. Dubes juga mengaku sudah membaca referensi singkat tentang golok Banten di internet.

Mayerfas menyampaikan apresiasinya kepada Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Banten sekaligus meminta tim untuk memberikan narasi singkat secara tertulis tentang Golok Banten yang diterima.

“Kami akan senang sekali menyosialisasikan nilai budaya Golok Banten melalui narasi singkat dari tim,” tuturnya.

Dubes juga menyampaikan ide untuk Kapolda Banten juga Polri.

“Perlu diinisasi diskusi virtual dengan perwakilan Dubes di berbagai negara, narasumber dari Polda Banten untuk sharing informasi penting tentang Golok Banten, sehingga lebih banyak yang paham dan dampaknya sosialisasi akan semakin meluas,” ujarnya.

Menanggapi hal ini, Kepala Bidang Humas Polda Banten Kombes Pol Shinto Silitonga mengatakan, ide ini tentu saja akan ditindaklanjuti dengan membangun komunikasi ke Markas Besar (Mabes) Polri melalui Divisi Hubungan Internasional dan Kementerian Luar Negeri.

“Kami akan tindaklanjuti saran dari pak Dubes dan terima kasih atas support kedutaan besar dalam sosialisasi values Golok Banten di Belanda,” ucapnya.

Tim Polda Banten yang diwakili Direktur Perawatan Tahanan dan Barang Bukti (Dirtahti) Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Agus Rasyid memberikan titipan Kapolda Banten Inspektur Jenderal (Irjen) Pol Rudy Heriyanto kepada Dubes berupa 1 bilah golok pusaka.

“Menyampaikan pesan Kapolda Banten, berkenan pak Dubes menerima titipan pusaka Golok Banten untuk menjadi tambahan benda seni di KBRI Den Haag,” kata Agus. Selanjutnya tim juga menyerahkan Buku The Golok karya Kapolda Banten kepada Dubes.

“Histori lengkap tentang Golok Banten telah dirangkum dengan cermat oleh Kapolda Banten bersama tim di dalam buku ini, bisa jadi referensi untuk bahan sosialisasi kepada masyarakat di Belanda,” tutupnya. (yas)

Exit mobile version