Jelang Nataru, Jalan Provinsi Menuju Destinasi Wisata Pandeglang Mulus

Ruas-jalan-Mandalawangi

Ruas jalan Mandalawangi (Kabupaten Pandeglang) menuju Ciomas (Kabupaten Serang) tampak mulus (foto yasril/Indopos.co.id)

INDOPOS.CO.ID – Menjelang perayaan Natal dan tahun baru (Nataru) seluruh ruas jalan yang menjadi kewenangan Provinsi Banten dalam kondisi mantap dan mulus.

Ruas jalan yang kini dalam kondisi mantap tidak hanya ruas jalan yang menuju destinasi wisata pantai dan destinasi religi.

Namun juga ruas jalan yang menghubungkan Kabupaten Pandeglang dan Kabupaten Serang, yaitu ruas jalan Mandalawangi-Ciomas.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pengelolaan Jalan dan Jembatan (PJJ) Wilayah Kabupaten Pandeglang, Agus Mufarik didampingi kepala Seksi (Kasi) Pemeliharaan Jalan dan Jembatan Samsul menjelaskan, sesuai instruksi dari Penjabat (Pj) Gubernur Al Muktabar melalui Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Arlan Marzan, pihaknya terus mempercepat perbaikan ruas jalan menjelang Natal dan tahun baru, agar para wisatawan yang datang nyaman saat melintas.

“Malam ini juga dilakukan pekerjaan di ruas Ciomos-Mandalawangi sepanjang 6 kilometer dengan lebar 5 meter, baik patching atau penutupan lubang jalan maupun overlay atau perkerasan. Besok ruas jalan Mandalawangi-Ciomas sudah tuntas dilakukan perbaikan,” terang Agus Mufarik, Jumat (23/12/2022)

Selain itu, pihaknya juga juga melakukan tambal sulam di ruas jalan Mengger – Mandalawangi hingga Caringin sepanjang 28 kilometer yang merupakan jalan alternatif dari Pandeglang menuju ke Labuan dan pantai Carita.

“Sebenarnya ruas jalan tersebut sudah mulus, namun kami lakukan layer ulang dan tambal sulam agar jalan itu lebih kuat dan mulus lagi biar nyaman dilalui oleh warga dan wisatawan,” tegas Agus.

Menurut Agus, di ruas tersebut pihaknya tak hanya melakukan penutupan lubang jalan, namun juga dilakukan betonisiasi di sekitar Pasar Pari sepanjang 1 kilometer lebih dan overlay menuju ke arah destinasi wisata pemandian alam Salakanegara, Cihunjuran.

“Kami juga melakukan betonisasi sepanjang 1 kilometer lebih dan overlay menuju lokasi wisata pemandian alam Cihunjuran,” jelasnya.

Sementara Kasi Pemeliharaan Jalan dan Jembatan UPTD PJJ Pandeglang Samsul menambahkan, pihaknya juga melakukan penanganan longsor di beberapa titik di ruas jalan Tanjung Lesung-Sumur.

“Kemarin ada beton jalan yang rusak akibat tanah longsor dan sekarang sudah selesai diperbaiki,” kata Samsul.

“Kita diberikan target oleh pak Kadis PUPR sampai Minggu (25/12/2022) seluruh ruas jalan yang menjadi kewenangan Provinsi harus sudah mulus,” sambungnya.

Sejumlah pengguna jalan berharap kepada pemerintah untuk menambah penerangan jalan umum (PJU) di sepanjang jalan provinsi di Kabupaten Pandeglang, mengingat masih banyak ruas jalan yang rawan terjadinya aksi kriminal.

“Untuk ruas jalan Mengger-Mandalawani menuju pantai Carita harusnya diperbanyak lagi lampu jalan, karena jika malam hari ruas jalan tersebut sangat gelap dan sepi, ” ujar Suparta warga Kecamatan Menes.(yas)

Exit mobile version