Optimalkan Pelayanan, Samsat Cikande Berhasil Lampaui Target Pendapatan

Optimalkan Pelayanan, Samsat Cikande Berhasil Lampaui Target Pendapatan - samsat cikande - www.indopos.co.id

Kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Cikande yang terletak di Desa Pelawad, Kecamatan Ciruas, Kabupaten Tangerang. Foto: Instagram/@samsatkabserang

INDOPOS.CO.ID – Kantor Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pelayanan Pendapatan Daerah (PPD) Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Banten wilayah Cikande, Kabupaten Serang, berhasil melampaui target pendapatan setiap tahunnya.

Untuk tahun 2022 ini, Kantor UPTD PPD atau Samsat (Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap) tersebut berhasil surplus pendaparan sebesar 7,71 persen atau setara dengan Rp176 miliar dari target sebesar Rp165 miliar khusus dari Pajak Kendaraan Bermotor (PKB).

Kepala Samsat Cikande Rita Prameswari menjelaskan, capaian pendapatan Kantor Samsat Cikande ini berdampak positif bagi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Banten.

“Kami berharap, capaian kinerja pendapatan akan dapat lebih meningkat lagi pada tahun 2023 mendatang,” ujar Rita,Senin (26/12/2022).

Ia menjealaskan, kinerja pendapatan daerah yang dikelola Samsat Cikande PKB, BBNKB (Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor ) I atau kendaraan baru, BBNKB II atau kendaraan bekas, PBBKB (Pajak atas Penggunaan Bahan Bakar Kendaraan Bermotor) dan Pajak Air Permukaan yang dapat terealisasi diatas 100 persen atau melebihi target.

Rita menjelaskan, selama masa pandemi Covid-19 tahun lalu, sejumlah pelayanan publik termasuk kantor Samsat Cikande melakukan transformasi pelayanan dengan memanfaatkan teknologi informasi.

Selain itu, kantor Samsat Cikande yang terletak di Desa Pelawad, Kecamatan Ciruas ini juga melakukan inovasi layanan one day service untuk ganti kaleng nomor polisi (nopol) kendaraan.

Seiring dengan pelonggaran pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di sejumlah daerah, kantor Samsat Cikande, kini mulai ramai dikunjungi oleh wajib pajak.

“Alhamdulillah kesadaran masyarakat untuk membayar pajak kendaraan sekarang berjalan normal,” jelas Rita.

“Kami juga melakukan layanan door to door, terutama kepada perusahaan perusahaan yang banyak memiliki armada untuk membayar pajak kendaraan tepat waktu, termasuk pajak air permukaan,” sambungnya.

Ia mengungkapan, sejak tahun 20220 lalu sejak merebaknya Covid-19, pihaknya telah mengoptimalkan pelayanan pembayaran PKB secara online diantaranya melalui ATM Bank dan mini market yang ditunjuk.

”Termasuk pelayanan Samsat online nasional (Samolnas), melalui toko retail yang ditujuk, dan sarana aplikasi Samsat Banten hebat (Sambat) di wilayah hukum Polda Banten juga kami optimalkan,” ujarnya.

Bahkan, untuk memberikan pelayanan yang optimal kepada wajib pajak kendaraan bermotor, pihaknya melakukan inovasi layanan ganti kaleng di kantor Samsat Cikande dengan pelayanan one day service.”Jadi masyarakat tidak perlu lagi bolak balik ke kantor Samsat hanya untuk ganti kaleng nomor polisi kendaraan.Hanya dengan waktu satu jam perpanjangan STNK dan ganti kaleng bisa diselesaikan disini,” tegasnya.

Nurman (53), salah seorang warga Desa Nambo Ilir,Kecamatan Kibin, Kabupaten Serang yang ditemui usai mengurus perpanjangan STNK, mengaku puas atas pelayanan yang diberikan di kantor Samsat Cikande yang bebas dari aksi calo dan cepat dalam pelayanan.

”Tidak lebih dari satu jam perpajangan STNK dan ganti kaleng mobil saya sudah selesai dilakukan. Biasanya dulu,kalau mau ganti kaleng nopol kendaraan harus menunggu beberapa hari baru bisa diambil setelah dilakukan perpanjang STNK,” ungkapnya. (yas)

Exit mobile version