Kunjungan Wisata ke Banten Capai 102.581 Orang selama Libur Nataru

ilustrasi pantai

lustrasi.

INDOPOS.CO.ID – Dinas Pariwisata Provinsi Banten mencatat selama masa libur Hari Natal 2022 dan Tahun Baru (Nataru) 2023, kunjungan wisatawan mencapai 102.581 jiwa. Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Banten Al Hamidi, seperti dilansir dalam Buletin Siaga Wisata Libur Nataru 2022, mengatakan jumlah wisatawan melonjak dibandingkan hari-hari sebelumnya.

Menurut Hamidi, trend cukup tinggi terjadi pada Minggu (1/1/2023) atau hari pertama tahun baru.

“Pada hari-hari sebelumnya, kunjungan wisata sekitar 75 ribu orang. Namun, menjadi sekitar kurang lebih 103 ribu orang per tanggal 1 Januari ini,” jelasnya, Selasa (3/1/2023).

Kunjungan wisatawan pada libur Nataru ini paling banyak ke Kabupaten Tangerang sebanyak 29,4 persen atau 30.145 orang. Adapun dari 8 Kabupaten/Kota di Provinsi Banten, kunjungan wisatawan terendah ke Kota Tangerang 1.751 atau sebesar 1,7 persen.

“Walaupun destinasi kunjungan wisatawan di Provinsi Banten mengalami tren naik turun, kami tetap melakukan monitoring dalam menjamin keamanan keselamatan dan kenyamanan bagi wisatawan,” kata Hamidi.

Menurutnya, lonjakan wisatawan di Banten terjadi pada 11 objek wisata. Namun, masyarakat Banten mayoritas lebih memilih objek wisata seperti wisata pantai, wahana permainan atau hiburan, wisata alam dan wisata kolam renang.

“Dan dari banyaknya objek wisata di Provinsi Banten, kunjungan terbanyak ada di wisata kolam renang sebanyak 63.818 kunjungan atau sebesar 62,2 persen,” jelas Hamidi

Dia berharap, dengan koordinasi berbagai stakeholder pariwisata mampu memberikan keamanan, keselamatan, dan kenyamanan bagi wisatawan selama libur Nataru.

Hamidi mengatakan, libur Nataru cukup kondusif dan terkendali, walaupun di setiap destinasi wisata pengunjung rendah. Semua stakeholder pariwisata baik itu pemerintah daerah, Tentara Nasional Indonesia (TNI)-Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri), Mitra Pariwisata, Pengelola Objek Wisata komitmen memantau dan monitoring dalam menjamin keamanan, keselamatan serta kenyamanan wisatawan.

“Semoga dengan segala usaha kita, ini bisa memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat terutama masyarakat yang sedang menikmati hari liburnya,” pungkasnya.

Provinsi Banten sendiri memiliki potensi wisata mulai dari alam, religi/sejarah dan buatan. Kawasan wisata Pantai Anyer hingga Carita menjadi salah satu destinasi utama masyarakat Banten, Jakarta dan sekitarnya untuk mengisi waktu liburan. (yas)

Exit mobile version