Situ Hiyang Cikamunding, Surga Wisata Tersembunyi di Lebak Selatan

Situ Hiyang Cikamunding, Surga Wisata Tersembunyi di Lebak Selatan - Situ Hiyang Cikamunding - www.indopos.co.id

Lokasi wisata Situ Hiyang Cikamunding (Yasril/indopos.co.id)

INDOPOS.CO.ID – Kabupaten Lebak, Banten, memiliki sejumlah destinasi wisata yang eksotis dan menawan,baik wisata pantai maupun wisata alam yang layak untuk dikunjungi oleh wisatawan.

Seperti halnya lokasi wisata Situ Hiyang Cikamunding yang terletak di Desa Cikamunding, Kecamatan Cilograng yang tidak jauh dari pantai Sawarna dan Pelabuhan Ratu, Sukabumi, Jawa Barat, memiliki keindahan alam yang sangat luar biasa. Salah satunya adalah, Danau Purba Situ Hiyang Cikamunding yang bisa didorong dilakukan penataan oleh Dinas Pariwisata Provisi Banten karena dapat menjadi salah satu destinasi favorit di Banten.

Kepala Desa Cikamunding Yayan Handayana Musalev mengatakan, jika saja Pemprov Banten melalui Dinas Pariwisata, melakukan revitalisasi di kawasan tersebut, maka akan banyak wisatawan yang akan datang mengunjungi Situ Hiyang Cikamunding yang terkenal memiliki air yang jernih dan tidak pernah surut meski musim kemarau panjang.

“Tempat wisata ini jika fasilitasnya sudah ditata rapi dan infrastruktur jalannya sudah bagus, dipastikan dapat menjadi salah satu tujuan para wisatawan untuk berlibur ke Situ Hiyang Cikamundung,” terang Musalev kepada indopos.co.id, Minggu (8/1/2023).

Ia menjelaskan, Situ Hiyang Cikamunding berlokasi di blok Tarikolot, Kampung Cikamunding Hiji yang merupakan salah satu objek wisata air yang belum dilakukan penataan dan pengelolaan secara maksimal oleh Dinas Pariwisata Pemprov Baten.

“Lahannya itu adalah milik Pemprov, sehingga Pemkab Lebak tidak bisa melakukan revitalisasi di kawasan itu. Namun, jika Pemprov Banten tidak sanggup untuk melakukan revitalisasi dan menyerahkan ke Pemkab Lebak, saya yakin Pemkab Lebak di bawah kepemimpinan bu Iti Jayabaya akan melakukan revitalisasi di kawasan itu,” kata Musalev.

Ia menambahkan, Situ Hiyang Ciakmunding menawarkan keindahan alam di perbatasan Banten dan Jawa Barat ini sangat cocok sekali untuk wisatawan yang menyukai suasana khas pedesaan.

“Tempat wisata Situ Hiyang Cikamunding ini merupakan tempat wisata berupa danau. Selain itu, di dekat destinasi wisata ini juga terdapat sawah, kebun dan saung-saung sehingga menjadikan tempat wisata ini khas pedesaan yang sangat sejuk, asri, indah, tenang dan nyaman,” tuturnya.

Ia berharap secepatnya ada penataan dari Dinas Pariwisata Provinsi Banten dan untuk penangannya infrastrukturnya oleh Dinas Perkim dan PUPR Provinsi Banten. ”Jika Infrastruktur jalannya bagus menuju Situ Hiyang Cikamunding, bisa jadi nantinya loaksi itu akan menjadi tempat wisata eksotis di Banten,” tegasnya.

Musalev mengungkapkan, baru baru ini lokasi wisata Situ Hiyang Cikamunding sempat viral, karena penduduk setempat berhasil memancing ikan mas seberat 15,8 kilogram. ”Sekarang juga di Situ Hiang Cikamunding juga banyak ikan, sehingga wisatawan bisa memberi makan ikan saat berkunjung ke sana,” tandasnya. (yas)

Exit mobile version