Gali Potensi Desa Wisata, JIP Gelar Pelatihan Konten Kreatif Anak-anak Muda Desa Kertawangi

Pelatihan-Konten-Kreatif

Jurnalis Indonesia Peduli (JIP) menggelar pelatihan konten kreatif bagi kalangan muda Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat pada Minggu (22/1/2023)

INDOPOS.CO.ID – Gali potensi desa wisata, Jurnalis Indonesia Peduli (JIP) menggelar pelatihan konten kreatif bagi kalangan muda Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat pada Minggu (22/1/2023).

Dalam kesempatan tersebut, turut hadir Kepala Desa Kertawangi, Yanto Bin Surya serta puluhan remaja Desa Kertawangi dan anggota Pokdarwis Desa Wisata Kertawangi. Ketua JIP, Yohanes Odja menyampaikan pelatihan konten kreatif terdiri dari teori dan praktek.

Pelatihan teori yang digelar di Gedung Serbaguna Burangrang, tepatnya persis di sebelah Kantor Desa itu meliputi jurnalistik dasar, teknik pengambilan gambar, optimalisasi media sosial dan lainnya.

Usai menjalani sesi pelatihan teori, para peserta kemudian dibagi menjadi beberapa kelompok. Masing-masing kelompok yang didampingi seorang mentor dari anggota JIP itu kemudian diminta untuk membuat konten berupa video di sebuah areal ladang binaan Big Farm.

“Kami tidak mengira antusias anak-anak muda Desa Kertawangi sangat luar biasa, selain memberikan pengalaman secara teori di kelas terkait audio visual dan konten media sosial, kami juga meminta seluruh peserta untuk mempraktekkan apa yang telah dijelaskan di kelas,” papar Odja.

“Jadi metode yang kami berikan 30 persen teori di kelas dan 70 persen praktek langsung, tentunya dengan harapan para peserta dapat memahami membuat konten secara cepat,” ungkap Odja.

Usai mengeksplorasi serta menyelesaikan tahapan pembuatan konten, masing-masing mentor dipaparkan Odja selanjutnya mengevaluasi hasil karya para peserta.

Dirinya mengaku terpukau ketika melihat seluruh video hasil karya mereka.

“Dari praktek yang dilakukan, sangat luar biasa dan kami tidak mengira konten video yang dibuat para peserta hasilnya sangat bagus, sesuai dengan ekspektasi kami,” ungkap Odja.

“Ini jadi bukti pelatihan efektif. Dan saya yakin, ditambah pendampingan sebulan ke depan, kami berharap mereka bisa produktif dan mandiri memproduksi konten untuk mempromosikan potensi wisata, sehingga Desa Kertawangi semakin dikenal masyarakat,” jelasnya.

Ditemui bersamaan, Kepala Desa Kertawangi, Yanto Bin Surya menyampaikan apresiasi atas kehadiran JIP di desanya.

Pria yang akrab disapa Kang Ewon ini berharap pelatihan yang diberikan JIP dapat membuat kalangan muda lebih melek digital, sehingga mampu memaksimalkan potensi desa serta meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Saya atas nama pribadi dan masyarakat Desa Kertawangi menyampaikan terima kasih atas kehadiran teman-teman dari Jurnalis Indonesia Peduli yang menyempatkan waktu memberikan pelatihan konten kreatif,” ungkap Kang Ewong.

“Saya berharap pelatihan ini bisa membuat anak-anak muda Desa Kertawangi lebih kreatif dan produktif memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan Desa Wisata kami. Sehingga, Desa Wisata Kertawangi ini dapat dikenal luas masyarakat, dan ekonomi dapat semakin menggeliat,” ujarnya berharap. (bro)

Exit mobile version