Dukung Pj Gubernur, DPD Apdesi Banten Minta Muktabar Tetap Fokus Bangun Desa

Dukung Pj Gubernur, DPD Apdesi Banten Minta Muktabar Tetap Fokus Bangun Desa - apdesi banten - www.indopos.co.id

Pengurus APDESI Banten saat bertemu Pj Gubernur Banten Al Muktabar (Istimewa)

INDOPOS.CO.ID – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Asosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Provinsi Banten, mendukung langkah Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar, untuk tetap fokus menjalankan amanahnya melaksanakan pembangunan di Provinsi Banten.

DPD Apdesi Banten juga meminta, agar Al Muktabar lebih memperbanyak program yang menyentuh langsung ke masyarakat, terutama masyarakat yang berada di tingkat pedesaan.

“Kami menilai, Pak Muktabar mampu menjalankan roda pemerintahan di Pemprov Banten dengan baik. Indikator kami sederhana, adanya perhatian dari Pemprov saat ini ke kami selaku pemerintahan yang paling bawah,” ujar Uhadi, Ketua DPD Apdesi Provinsi Banten didampingi Sekjennya Rapik Rahmat Taufik kepada Indopos.co.id, Sabtu (28/1/2023).

Bentuk perhatian yang diberikan oleh Pemprov Banten ke desa, salah satunya dengan meningkatkan besaran Bantuan Provinsi (Banprov) untuk desa-desa se-Banten yang mencapai Rp 60 juta per desa. Padahal kata Uhadi, di kepemimpinan sebelumnya besaran dana Banprov yang diterima oleh desa hanya Rp 15 juta saja.

“Pak Pj Gubernur juga Alhamdulillah sudah merespon masukan kami kaitan penambahan Banprov dari 15 juta menjadi 60 juta. Ini membuktikan bahwa Pak Muktabar perhatian ke desa,” cetus Uhadi.

Sementara Sekretaris DPD Apdesi Provinsi Banten, Rafik Rahmat Taufik menambahkan, selain bertambahnya nilai Banprov, Pemprov Banten juga berupaya meningkatkan kualitas infrastruktur di wilayah pedesaan yang masih belum maksimal, lewat program Peningkatan Sarana Umum (PSU) di Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (PRKP).

“Namun saya meminta agar pembagian program PSU di Dinas PRKP ke desa-desa lebih merata, karena masih banyak infrastruktur jalan di 1.238 desa yang ada di Banten yang rusak,” kata Rafik.

Rafik pun mengungkap soal latar belakang Al Muktabar sebagai seorang birokrat murni. Menurut Rafik, modal itulah yang membuat Pemprov Banten saat ini berjalan sesuai dengan yang diharapkan oleh para pihak termasuk para kepala desa yang ada di Banten.

“Kami berharap, Pemprov Banten akan lebih baik lagi di bawah kendali Pak Al Muktabar. Kami meminta Pak Muktabar tetap fokus memegang amanah saat ini mimpin Banten, dan tentunya harus fokus bangun desa dengan cara memperbanyak program di APBD untuk desa,” tandasnya. (yas)

Exit mobile version