Daftar Wilayah Terdampak Abu Vulkanik Erupsi Gunung Merapi

Rumah-Dampak-Erupsi

Awan panas guguran di Gunung Merapi siang tadi. (Dok BPPTKG)

INDOPOS.CO.ID – Pos Pengamatan Gunung Merapi di Babadan telah menerima laporan beberapa lokasi yang terdampak abu vulkanik. Di antaranya Desa Mangunsuko, Desa Dukun, Desa Paten dan Desa Sengi di Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang.

“Berikutnya Desa Wonolelo dan Desa Krogowanan di Kabupaten Magelang. Selanjutnya Desa Klakah dan Desa Tlogolele di Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali,” kata kata petugas Pos Babadan, Yulianto dalam keterangan BNPB, Sabtu (11/3/2023).

Gunung Merapi kembali muntahkan awan panas guguran sekira pukul 12.12 WIB ke arah Kali Bebeng/Krasak hari ini.

Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Daerah Istimewa Yogyakarta mengemukakan, erupsi masih berlangsung hingga pukul 12.31 WIB.

“Jarak 7 kilometer dari puncak Gunung Merapi di alur Kali Bebeng dan Krasak. Saat ini erupsi masih berlangsung,” jelas BPPTKG dalam pesan tertulis.

Dalam rekaman visual BPPTKG, gunung teramati dengan jelas hingga kabut 0-II. Asap kawah bertekanan lemah teramati berwarna putih dengan intensitas sedang dan tinggi 50-100 meter di atas puncak kawah.

Bahkan teramati 1 kali guyuran lava dengan jarak luncur 1500 meter ke barat daya suara guguran 2 kali dengan intensitas sedang dari Pos Babadan.

Sementara potensi bahaya saat ini berupa guguran lava dan awan panas pada sektor selatan-barat daya meliputi, Sungai Boyong sejauh maksimal 5 km, Sungai Bedog, Krasak, Bebeng sejauh maksimal 7 kilometer (km).(dan)

Exit mobile version