Mengintip Karya Bakti TNI AL 2023 di Halmahera Utara

al

Karya Bakti TNI Angkatan Laut TA 2023 itu berlangsung di Pangklan TNI Angkatan Lauat (Lanal) Ternate. Foto: Dok TNI AL for indopos.co.id

INDOPOS.CO.ID – TNI Angkatan Laut menyelenggarakan kegiatan Bakti TNI yang ditujukan membantu pemerintah dalam percepatan pembangunan, untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mewujudkan kemanunggalan TNI-Rakyat serta Ruang, Alat dan Kondisi (RAK) juang yang tangguh.

Karya Bakti TNI Angkatan Laut TA 2023 itu berlangsung di Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Ternate. Tepatnya di Desa Toweka Kecamatan Galela Kabupaten Halmahera Utara, Maluku Utara pada Februari sampai Maret 2023.

Kegiatan itu sebagai bentuk pelaksanaan Perintah Harian Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Muhammad Ali, bahwa TNI Angkatan Laut harus bersinergi dengan instansi pemerintah untuk pembangunan.

Kepala Dinas Potensi Maritim Angkatan Laut (Kadispotmaral) Laksamana Pertama TNI Suradi Agung Slamet menjelaskan, wilayah itu menjadi sasaran kegiatan karena merupakan wilayah yang strategis, sekaligus daerah rawan terkait masalah-masalah pertahanan dan keamanan negara.

“Oleh karenanya, sangat perlu untuk mendapatkan perhatian yang besar khususnya menyangkut pembangunan sumber daya manusia dan pembangunan ekonomi masyarakat,” kata Suradi, Jumat (17/3/2023).

Kondisi masyarakat menjadi fokus perhatian TNI Angkatan Laut untuk dilaksanakan, karya bakti melalui berbagai kegiatan fisik dan nonfisik, bekerja sama dengan kementerian, pemerintah daerah setempat, instansi TNI/Polri, lembaga akademisi, swasta dan masyarakat setempat.

“Penyelenggaraan kegiatan ini juga diharapkan dapat mewujudkan kesejahteraan dan kemandirian masyarakat di daerah,” tutur Suradi.

Tentu dengan memiliki ketahanan wilayah dalam menghadapi setiap hakikat ancaman dan terwujudnya semangat kebersamaan, gotong royong dan rasa kekeluargaan, serta partisipasi aktif masyarakat dalam membangun daerahnya.

“Tercipta jiwa persatuan dan kesatuan yang kokoh kuat serta terwujudnya kemanunggalan TNI Angkatan Laut dengan rakyat,” tambahnya.

Dalam program tersebut meliputi kegiatan fisik dan nonfisik. Kegiatan bersifat fisik, meliputi renovasi taman baca dan tempat pengolahan buah pala. Sedangkan kegiatan bersifat nonfisik meliputi kegiatan bakti sosial, bantuan mesin pengolah pala untuk kelompok tani, serta bantuan buku bacaan. (dan)

Exit mobile version