Dompet Dhuafa Gulirkan Safari Leadership di SMAN 2 Yogyakarta

Dompet Dhuafa Gulirkan Safari Leadership di SMAN 2 Yogyakarta - dd 19 - www.indopos.co.id

Dompet Dhuafa Jogja bekerja sama dengan SMAN 2 Yogyakarta menyelenggarakan Safari Leadership yang mengusung tema "Terbentuknya pelajar yang berakhlakul karimah dan bertakwa kepada Allah SWT". Foto: Dok. Dompet Dhuafa

INDOPOS.CO.ID – Indonesia digadang-gadang akan mengalami bonus demografi pada tahun 2045 kelak. Untuk mencapai itu, persiapan harus dilakukan mulai dari sekarang. Anak-anak yang saat ini sudah masuk usia remaja harus diberikan gambaran hidup masa depan supaya pada saatnya kelak mereka akan menjadi manusia yang produktif.

Untuk itu Dompet Dhuafa Jogja bekerja sama dengan SMAN 2 Yogyakarta yang berlokasi di Jalan Bener No.30, Bener, Kecamatan Tegalrejo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, menyelenggarakan Safari Leadership yang mengusung tema “Terbentuknya pelajar yang berakhlakul karimah dan bertakwa kepada Allah SWT”. Acara dihadiri oleh kurang lebih 600 siswa siswi dari kelas X hingga XI.

Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari berturut-turut di tanggal 28-29 Maret 2023 di pelataran SMAN 2 Yogyakarta.

Hari pertama pada hari Selasa, 28 Maret 2023 kegiatan dimulai dengan 300 peserta dari kelas X. Kegiatan diisi dengan materi semangat melanjutkan pendidikan dengan beasiswa dan tips memperolehnya.

Materi dibawakan oleh Hikmatiyar Abdul Aziz, beliau adalah peserta program Beastudi Aktifis Dompet Dhuafa. Selama menerima beastudi itu, beliau menempuh pendidikan di Jurusan Teknis Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Negeri Surakarta yang dilanjutkan studi di Swedia dengan beastudi LPDP.

Pada inti materinya, Hikma menjelaskan bahwa hidup harus punya rencana dan target. Setiap kita diberikan waktu yang sama, yaitu 24 jam. Yang membedakan adalah rencana yang berbeda-beda untuk mencapai target itu.

“Dalam hidup ini, target sangat penting untuk hidup kita. Dari target hidup lebih terencana dan maksimal untuk menjalankannya dengan baik. Maka apapun yang ingin dicapai di masa depan, jadikan itu target adik-adik semua, dan ikhtiarkan dengan rencana terbaik yang adik-adik susun dari sekarang,” ujar Hikma saat menyampaikan materi.

“Dengan acara ini harapannya peserta didik memiliki gambaran yang jelas tentang masa depannya sehingga menjadi pribadi yang unggul di masa depan,” ungkap Lucia Wirastuti Kindarsih, S.Pd., M. Acc selaku Kepala Sekolah SMAN 2 Yogyakarta.

Pada hari kedua Rabu, 29 Maret 2023 Kegiatan dilanjutkan dengan 300 peserta dari kelas XI SMAN Dua Yogyakarta. Pada hari ini siswa diberikan materi yang dibawakan oleh Khabib Anwari yang mana merupakan alumni penerima manfaat Bakti Nusa (Beasiswa Aktivis Nusantara).

Khabib mencontohkan keberhasilan Muhammad Al Fatih yg berhasil menaklukkan Konstantinopel di usia 21 kepada adik-adik siswa kelas XI SMAN 2 Yogyakarta. Hal ini dikarenakan ia sejak kecil sudah melihat perjuangan ayahnya. Ia menyususn Life Plan nya sendiri untuk meneruskan perjuangan ayahnya untuk dapat menaklukan konstantinopel.

“Tetapkan tujuan, susun strategi untuk dapat meraihnya, dan lakukan. Susun rencana untuk hidupmu di masa depan, maka semakin dekat kamu untuk dapat meraihnya. Seperti halnya Muhammad AL-Fatih. Dari tekad bulatnya, dengan rencana hidup yang disusunya. Ia dapat menaklukan sebuah negara di usianya yang sangat muda,” tutup Khabib. (adv)

Exit mobile version