Pemprov Banten Siapkan Helikopter Untuk Membantu Pemudik

Pemprov Banten Siapkan Helikopter Untuk Membantu Pemudik - helikopter - www.indopos.co.id

Ilustrasi helikopter. (Ist)

INDOPOS.CO.ID – Pemerintah Provinsi Banten (Pemprov) Banten bekerjasama dengan Badan Search and Rescue atau Pencarian dan Pertolongan Nasional (Basarnas) menyiapkan helikopter yang siap siaga untuk memberikan bantuan kepada masyarakat yang mengalami musibah dalam operasi pengamanan Lebaran di willyah Banten.

Hal ini dikatakan oleh Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar menjelaskan persiapan yang dilakukan oleh Pemprov Banten dalam menghadapi lonjakan arus mudik tahun 2023 di ruas tol Jakarta -Merak dan jalan Arteri dari muai Balaraja hingga pelabuhan penyeberangan untuk sepeda motor di Ciwandan.

“Helikopter kami siagakan di BPBD. Keberadaan heli ini untuk membantu jika terjadi kecelakaan di ruas tol atau untuk evakuasi saat lalu lintas macet,” terang Al Muktabar, Minggu (16/4/2023).

Ia menjelaskan, selain menyiapkan berbagai sarana penunjang untuk kelancaran dan kenyamanan arus mudik hingga arus balik, pihaknya juga sudah menginstruksikan kepada Dinas Kesehatan dan RSUD Banten untuk mendirikan Posko Kesehatan di sejumlah titik yang akan dilalui oleh pemudik, termasuk di pelabuhan penyeberangan Merak dan Ciwandan, serta terminal bus antar kota antar provinsi dan stasiun kereta api.

“Di pelabuhan penyeberangan,terminal dan stasiun kereta api, kami siapkan tenaga medis dan non medis yang siap siaga membantu para pemudik,” cetusnya.

Selain itu, Al Muktabar juga menginstruksikan kepada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Banten menyiapkan alat berat di sejumlah titik yang rawan longsor,seperti di Kabupaten Lebak dan Pandeglang. ”Pokoknya kami akan memberikan pelayanan yang terbaik untuk para pemudik,” tegasnya. (yas)

Exit mobile version