Mekar di Kebun Raya Cibodas, Bunga Bangkai Ini Unik Untuk Diamati

Mekar di Kebun Raya Cibodas, Bunga Bangkai Ini Unik Untuk Diamati - bunga bangkai - www.indopos.co.id

Bunga bangkai. Foto: BRIN untuk INDOPOS.CO.ID

INDOPOS.CO.ID – Salah satu koleksi Kebun Raya Cibodas, Jawa Barat, Amorphophallus titanum Becc atau lebih dikenal dengan bunga bangkai mekar sempurna di penghujung libur lebaran. Bunga bangkai yang mekar tersebut disemai dan ditanam pada 2000 lalu.

“Koleksi ini berasal dari Sungai Manau, Batang Suliti, Kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat, Sumatera Barat, yang dikoleksi oleh Alm. R. Subekti Purwantoro, dkk,” ungkap Peneliti Ahli Muda Pusat Riset Biosistematika dan Evolusi BRIN, Destri dalam keterangan, Kamis (27/4/2023).

Ia mengatakan, bunga bangkai yang mekar tersebut merupakan koleksi Kebun Raya Cibodas dengan nomor koleksi 76 G. Individu tanaman ini sebelumnya sudah berbunga dua kali.

“Bunga bangkai yang ini mekar ketiga kali, dan sesuai dengan prediksi kami,” katanya.

Menurut data hasil pemantauan dari unit registrasi, pengelolaan koleksi ilmiah Kebun Raya Cibodas, awal mula tunas bunga teramati pada 1 Maret 2023. Spata mulai membuka pada pukul 18.30 WIB (26/4) dan mekar sempurna pada pukul 02.57 WIB (27/4), dengan tinggi 210 cm dan diameter spata 58 cm.

Ketinggian bunga tersebut tidak seperti biasanya, karena jika dilihat dari perbungaan yang sebelumnya rata-rata ketinggian bunga lebih dari 3 meter.

“Bunga kali ini mekar memang tidak seperti biasanya dan ada beberapa kemungkinan penyebabnya,” ucapnya.

Individu tanaman yang berbunga kali ini, menurut dia, memiliki keunikan tersendiri, karena bunganya lebih cantik dibandingkan individu tanaman lainnya.

Hal ini, lanjut dia, dikarenakan spadiks yang berwarna ungu tua dan menjadi ungu kemerahan ketika mekar, sementara yang lain memiliki spadiks berwarna kuning ketika mekar.

Diketahui, Amorphophallus titanum termasuk salah satu keluarga talas-talasan (Araceae). Dikenal dengan sebutan bunga bangkai karena saat mekar, bunga tersebut mengeluarkan bau busuk seperti bangkai yang kadang-kadang bisa tercium hingga radius seratus meter.

Bau tersebut sebenarnya berasal dari asam amino yang keluar melalui permukaan tongkol. Bau itu juga yang mengundang serangga untuk datang dan membantu dalam proses penyerbukan tumbuhan tersebut.

Amorphophallus titanum atau bunga bangkai ini termasuk kategori tumbuhan langka berdasarkan penilaian dari International Union for Conservation of Nature (IUCN). Keberadaan tumbuhan itu dilindungi sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 7/1999 dan merupakan tumbuhan endemik Indonesia. (nas)

Exit mobile version