Dindikbud Banten Tunjuk Ketua MKKS SMK Kabupaten Lebak Jadi Plt Kepsek Cipanas

Dindikbud Banten Tunjuk Ketua MKKS SMK Kabupaten Lebak Jadi Plt Kepsek Cipanas - banten 1 - www.indopos.co.id

Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Banten Lukman (kedua dari kiri) menyerahkan Surat Perintah Tugas Pelaksana tugas (Plt) Kepala Sekolah SMKN (Sekolah Menengah Kejuruan) Negeri 1 Cipanas kepada Mukmin (kedua dari kanan). Foto: Yasri Chaniago/INDOPOS.CO.ID

INDOPOS.CO.ID – Dinas Pedidikan dan Kebudayaan (Dindikud) Provinsi Banten menujuk Mukmin, Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Kabupaten Lebak sebagai Pelaksana tugas (Plt) Kepala Sekolah (Kepsek) SMK Negeri 1 Cipanas yang terletak paling timur Kabupaten Lebak yang berbatasan dengan Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat.

Mukmin yang juga menjabat sebagai kepsek SMKN 1 Rangkasbitung ini dianggap paling layak dan senior, serta sudah memiliki pengalaman sebagai guru SMK di Kecamatan Cipanas, sehingga Kecamatan Cipanas sudah tidak asing lagi bagi dirinya.

“Pak Mukmin ini sudah berpengalaman sebagai kepsek di berbagai sekolah kejuruan dan juga pernah menjadi guru di Cipanas sehingga belia diberi amanah oleh pak Kadis (kepala dinas) menjadi Plt Kepsek mennggantikan Kepsek lama yang sudah memasuki usia pensiun,” kata Sekretaris Dindikbud Banten, Lukman kepada INDOPOS.CO.ID, Rabu (17/5/2023).

Lukman berharap, agar Mukmim segera melakukan konsolidasi dengan tenaga pendidik dan komite sekolah di Kecamatan Cipanas. Serta bisa membagi waktu antara jabatannya sebagai Kepsek definitif di SMKN I Rangkasbitung dan sebagai Plt Kepsek SMKN 1 Cipanas.

“Pak Mukmin ini menjabat sebagai Plt Kepsek sambil menungu adanya kepsek definitif di SMKN 1 Cipanas,” ujar dia.

Sementara itu, Mukmin mengatakan, sebagai abdi negara dia siap ditugaskan dimana saja oleh pimpinan untuk memajukan pendidikan di Lebak khususnya dan Banten umumnya.

”Sebagai abd nefara dan pendidik,saya siap ditempatkan di mana saja oleh pimpinan,demi keajuan dunia pendidikan di Banten umumnya dan Kabupatem Lebak khususnya,” tegasnya, saat dikonfirmasi.

Terpisah, Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar berharap kepada Plt Kepsek SMKN I Cipanas untuk bekerja keras memajukan dunia pendidikan. Seorang Kepsek, lanjutnya, harus memiliki dan memahami kemampuan atau kompetensi dasar, yakni kepribadian, manajerial, kewirausahaan, supervisi, dan sosial.

“Seorang Kepsek mauun Plt Kepsek harus miliki kemampuan dasar dan kompetansi yang saling terkait. untuk menjalankan organisasi berbasis sekolah,” ungkapnya.

Menurutnya, kompetensi yang dipahami dan dimiliki seorang Kepsek merupakan salah satu penentu keberhasilan proses belajar siswa, guna menciptakan sumber daya manusia unggul yang mampu berdaya saing global. (yas)

Exit mobile version