Jelang Idul Adha, Dompet Dhuafa Gencarkan Kurban Digital

dd

Hewan Kurban. Foto: Istimewa

INDOPOS.CO.ID – Jelang Hari Raya Idul Adha, Dompet Dhuafa menggencarkan program kurban digital atau online. Sejalan dengan program tersebut Dompet Dhuafa Jawa Tengah sudah bersiap jauh-jauh hari, sehingga masyarakat yang akan berkurban tidak perlu repot memilih hewan kurban, harga hingga penyaluran hewan kurban kepada yang berhak.

Salah satu Sentra Ternak Dompet Dhuafa Jawa Tengah yang berada di Desa Tamanrejo, Kecamatan Limbangan, Kabupaten Kendal sudah bersiap untuk memenuhi kebutuhan ternak domba atau kambing berkualitas menjelang Idul Adha.

Dijumpai saat program “Jurnalis Dolan Ning Semarang” di DD Farm Kendal, Rabu (31/05), Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Jawa Tengah, Zaini Tafrikhan, mengatakan program Tebar Hewan Kurban (THK) Dompet Dhuafa sekarang sudah melayani kurban secara online.

“Informasi untuk harga dan kriteria hewan kurban sudah ada di website, termasuk langkah-langkah yang harus dilakukan oleh masyarakat yang akan berkurban secara online melalui Dompet Dhuafa,” ungkap Zaini.

“Jadi tinggal pilih dombanya, kemudian melakukan transfer menggunakan payment gateway yang disediakan dan selanjutnya melakukan konfirmasi kepada nomor yang tertera di sana,” lanjutnya.

Infomasi mengenai kurban digtal ini bisa diakses oleh masyarakat melalui website: kurban.dompetdhuafa.org untuk nasional sementara untuk wilayah Jawa Tengah bisa diakses di kurban.dompetdhuafajateng.org.

Kurban digital Dompet Dhuafa telah memiliki sistem Kurban Integratetd System (KIS). KIS digunakan untuk menyampaikan laporan secara realtime sampai dengan hari pelaksanaan dan proses kurban selesai.

Laporannya meliputi kurbannya di mana, hewan kurbannya sudah dipotong atau belum bahkan sudah didistribusikan kepada yang berhak menerima atau belum. Semua informasi tersebut akan dilaporkan secara realtime dan dilengkapi dengan visual fotonya.

Manajer DD Farm Sentra Ternak Jateng, Arif Fajar Hidayat mengungkapkan, DD Farm Jawa Tengah di Desa Tamanrejo, Kendal, saat ini sudah menyiapkan 750 ekor domba untuk program THK dari kuota sekitar 1.500 an ekor.

“Permintaan hewan kurban untuk Idul Adha tahun ini cukup tinggi, kuota Dompet Dhuafa sudah 1.500 ekor, adapun target tahun ini adalah 2.700 ekor,” ucap Arif.

Domba-domba yang ada di Sentra Ternak Dompet Dhuafa Jawa Tengah ini sudah divaksin PMK dan secara berkala berkoordinasi dengan mantri ternak setempat untuk cek secara fisik dan secara medis.

“Hewan yang diberi tanda berwarna merah menandakan tidak lolos quality control karena beratnya dibawah 23 kg, warna hijau kategori standar dengan berat 23-25 kg, warna biru kategori premium dengan berat 29-31 kg dan warna hitam kategori super premium dengan berat di atas 31 kg,” lanjut Arif.

“Saat ini DD Farm di Desa Tamanrejo, memiliki program pemberdayaan penerima manfaat yang disebut ABK (anak buah kandang) berjumlah 3 orang. Selain mendapatkan edukasi dan pelatihan, mereka juga bisa mengembangkan di luar dari DD Farm. Bahkan ada ABK yang mengembangkan sendiri di rumahnya,” tutup Zaini. (adv)

Exit mobile version