Pesawat Smart Aviation Ditembak OTK, Angkut Personel Brimob

pesawat-Smart-Aviation

Terdapat lubang di bagian sayap pesawat Smart Aviation jenis Caravan PK-SNO diduga terkena timah panas. Foto: Dokumen Polda Papua

INDOPOS.CO.ID – Pesawat milik maskapai penerbangan Smart Aviation jenis Caravan PK-SNO menjadi korban aksi teror orang tak dikenal (OTK) di Distrik Homeyo Kabupaten Intan Jaya, Provinsi Papua Tengah, Selasa (18/7/2023).

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Humas) Kepolisian Daerah (Polda) Papua, Komisaris Besar (Kombes) Pol. Ignatius Benny Ady Prabowo mengatakan, terjadi penembakan terhadap pesawatan itu diduga terjadi sekira pukul 08.26 WIT di sekitar Bandar Udara Pogapa, Distrik Homeyo, Kabupaten Intan Jaya.

Kejadian tersebut terjadi setelah pesawat mendarat di bandara tersebut dan hasil kordinasi oleh Satgas Damai Cartenz 2023. Terdengar suara tembakan beberapa kali.

“Hasil Kordinasi kami, memang pada saat Pesawat melakukan pendaratan di Bandara Pogapa, Distrik Homeyo, Kabupaten Intan Jaya tepatnya di Ujung Bandara tedengar lebih dari 10 suara tembakan,” kata Benny dalam keterangannya, Papua, Selasa (18/7/2023).

Menurut informasi dari Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Nabire, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) I Ketut Suarnaya, pesawat tersebut diawaki oleh Pilot M. Farhan F dan Co-Pilot Wahyu. Pesawat melakukan penerbangan awal dari Bandar Udara Timika Kabupaten Mimika menuju Bandar Udara Sugapa Kabupaten Intan Jaya.

“Setelah mengangkut enam personel Brimob, pesawat melanjutkan penerbangan ke Bandar Udara Wagete Kabupaten Deiyai dan Bandar Udara Nabire,” beber Benny.

Saat ini, penyelidikan masih berlangsung dan pihak Kepolisian belum dapat memastikan siapa pelaku dari penyerangan tersebut. Keterangan para saksi dan hasil olah TKP akan terus dikumpulkan menyingkap kasus tersebut.

“Perlu diketahui, bahwa tidak ada korban jiwa atau luka-luka dalam kejadian ini, dan tim olah TKP tidak menemukan proyektil peluru yang diduga ditembakkan ke badan pesawat,” imbuhnya.(dan)

Exit mobile version