Masyarakat Kota Padang Minati Pelayanan Tanah Akhir Pekan di Area HBKB

Masyarakat Kota Padang Minati Pelayanan Tanah Akhir Pekan di Area HBKB - bpn padang - www.indopos.co.id

Petugas Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Padang melayani pemohon di area hari bebas kendaraan bermotor (HBKB) atau car free day, di Jalan Jenderal Sudirman, Kota Padang, Minggu (27/8/2023). Foto: Istimewa

INDOPOS.CO.ID – Pelayanan Tanah Akhir Pekan (Pelataran) menjadi daya tarik baru untuk pelayanan di Kantor Pertanahan Nasional (BPN) Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat. Pelayanan yang sudah berjalan 3 bulan ini mulai dilirik oleh masyarakat Kota Padang.

Hal tersebut terlihat melalui banyaknya pengguna layanan khusus pemohon langsung yang datang. Kemudia mereka mendaftar mengambil berkas di mobil keliling milik Kantor BPN Kota Padang di area hari bebas kendaraan bermotor (HBKB) atau car free day, di Jalan Jenderal Sudirman, Kota Padang, Minggu (27/8/2023).

Kepala BPN Kota Padang, Alim Bastian mengatakan, Pelataran merupakan program pelayanan pertanahan yang dibuka pada Sabtu dan Minggu. Tujuannya, lanjutnya, memudahkan masyarakat yang tidak dapat mengurus tanah karena sibuk bekerja.

“Pada prinsipnya, ini merupakan tugas kita dalam melayani masyarakat. Kita harus mampu melayani dengan cepat, responsif, dan tidak boleh menunggu. Kalau bisa mudah kenapa harus dipersulit, kalau bisa lebih cepat kenapa harus diperlambat,” ujarnya, Minggu (27/8/2023).

Menurut Alim, sejak diluncurkan beberapa waktu lalu, program pelayanan akhir pekan tersebut menjadi daya tarik baru untuk pelayanan di Kantor BPN Kota Padang.

“Program Pelataran ini sudah berjalan selama satu bulan mulai dilirik oleh masyarakat Kota Padang,” jelasnya.

Hal tersebut, kata Alim, terlihat melalui banyaknya pengguna layanan khusus pemohon langsung yang datang dan melakukan pendaftaran serta pengambilan di Kantor pertanahan Kota Padang pada hari Sabtu dan Minggu.

Rosmaniar, warga Lubuk Begalung, mengaku senang dengan adanya program layanan pertanahan akhir pekan di BPN Kota Padang. Sehingga, sambungnya, dirinya dapat mengurus langsung surat pertanahan di luar hari kerja dirinya sebagai seorang pegawai negeri sipil (PNS) di kantor Wali Kota Padang.

“Pelataran ini bagus banget, serius, karena saya baru pertama kali datang kesini dan saya kaget ternyata bisa langsung diproses dan para petugasnya juga sangat membantu saya,” ungkapnya.

Diketahui, pelataran hadir setiap hari Minggu di area car free day mulai pukul 08:00 WIB-10:00 WIB khusus pemohon langsung tanpa kuasa. (yas)

Exit mobile version