Pj Gubernur Banten Salurkan Air Bersih, Warga: Ibarat Oase di Padang Pasir

Penyaluran-Air-Bersih-Banten

Pj Gubernur Banten Al Muktabar menyalurkan langsung air bersih kepada warga yang mengalami krisis air bersih akinbat kemarau panjang di Kecaamatan Tanara Kabupaten Serang (foto istimewa)

INDOPOS.CO.ID – Suasana kampung Domas, Kecamatan Pontang, Kabupaten Serang, Provinsi Banten, siang itu tampak berbeda. Sejumlah warga berkumpul membentangkan beberapa kertas karton dengan berbagai tulisan ungkapan terima kasih kepada Penjabat Gubernur Banten Al Muktanar.

Suasana tak ubahnya seperti menyambut kedatangan seorang kepala negara atau pejuang yang pulang dari medan perang. Puluhan warga menyuarakan syukur atas kedatangan pemimpin mereka di tengah kondisi kekeringan yang sudah lama melanda daerah tersebut akibat musim kemarau panjang dampak dari El Nino .

“Terima kasih Pak Pj Gubernur atas bantuannya. Kami sangat membutuhkan air bersih ini. Semoga Bapak selalu diberikan kesehatan,” kata Roni salah satu warga yang menyuarakan itu,Minggu (23/9/2023) lalu.

Tidak hanya Roni, ungkapan terima kasih juga disampaikan oleh Ikhsan. Warga Kampung Cerocoh yang mengaku sudah lama kesulitan air bersih karena sudah mengalami kekeringan akibat kemarau panjang.

“Sudah lama kami menderita, Alhamdulillah sekarang ada bantuan dari Pak Pj Gubernur dikasih sembako juga, sesuatu yang kami butuhkan.Ibarat Oase di Padang Pasir” ucapnya.

Bahkan Ikhsan berharap,sosok yang akan memimpin Provinsi Banten dalam Pilkada tahun 2024 mendatang dapat sepeerti Al Muktabar yang mau trn dan memaur bersama masyaakat.”Syuur syukur ada parpol yang mau mencalonkan pak Al ini sebagai calom Gubernur atau Wakil Gubernur biar sesekali masyarakat Banten punya yang merakyat,’ cetusnya.

Mendapati sambutan hangat itu, meski belum sampai ke titik lokasi bantuan, Al Muktabar langsung turun dari kendaraan menemui warga dan melakukan dialog serta mendengarkan aspirasi.

“Ya, terima kasih atas sambutannya. Ini kita salurkan air bersih. Mudah-mudahan bermanfaat, kalau nanti kurang, kita tambah lagi,” kata Al Muktabar kepada warga.

Setelah selesai menyerap aspirasi warga, Pj Gubernur Banten Al Muktabar kemudian meninjau penyaluran air bersih, disusul sholat Magrib berjamaah.

Seusai sholat Magrib berjamaah, Al Muktabar diajak makan bersama oleh warga. Dengan lauk pecak bandeng khas Domas, Al Muktabar terlihat akrab duduk bersama warga, tokoh masyarakat serta para pemuda setempat.

Tak hanya itu, Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar juga memantau penyaluran bantuan 6 tanki kapasitas 30 ribu liter air bersih yang mampu memenuhi kebutuhan 2.000 Kepala Keluarga (KK).

Pemerintah Provinsi Banten melalui Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) siap menyalurkan permintaan bantuan air bersih atas pengajuan warga masyarakat yang ditandatangani Kepala Desa atau Camat setempat.

“Karena keadaan atau satu kondisi kemarau, masyarakat Desa Pendaleman, Kecamatan Tanara, Kabupaten Serang membutuhkan bantuan air bersih,” ungkap Al Muktabar kepada indopos.co.id Selasa (26/9/2023).

“Kita (Pemprov Banten, red) menyalurkan 6 tanki air bersih. Mudah-mudahan ini meringankan kebutuhan air bersih bagi masyarakat,” tambahnya.

Al Muktabar mengaku bahagia dan senang atas sambutan masyarakat yang ceria dan bahagia atas bantuan air bersih yang disalurkan.

Masih menurut Al Muktabar, penyaluran air bersih juga menjadi bagian dari pencegahan dan penanganan stunting. Air bersih menjadi kebutuhan pokok kegiatan sehari-hari masyarakat. Pemenuhan kebutuhan air bersih kepada masyarakat turut menjaga kesehatan dan tumbuh kembang anak-anak.

Seperti dijelaskan Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Banten Nana Suryana, sejak awal Agustus 2023, pihaknya sudah menyalurkan bantuan air bersih kepada masyarakat yang membutuhkan.

“Hingga saat ini, sekitar 500 ribu liter air bersih sudah disalurkan kepada masyarakat,” ungkapnya.

“Masyarakat yang membutuhkan bantuan air bersih bisa mengajukan ke BPBD Provinsi Banten yang ditandatangani oleh Kepala Desa atau Camat setempat,” tambah Nana.

Dalam kesempatan itu, Camat Tanara Farid Anwar Ibrahim mengungkapkan, bantuan air bersih sangat ditunggu oleh masyarakat Tanara karena merupakan daerah pesisir.

“Meski Kecamatan Tanara, diapit Sungai Ciujung dan Sungai Cidurian namun saat ini tidak memungkinkan untuk dikonsumsi,” ungkapnya.

“Alhamdulillah Bapak Penjabat Gubernur Banten Al Muktabar memberikan bantuan air bersih. Terima kasih atas bantuan air bersihnya,” tambah Farid.(yas)

Exit mobile version