Pj Gubernur Banten : Penggunaan E-Katalog Untuk Akuntabilitas Efesien dan Transparan

Pembangunan-SMKN-14

Pj Gubernur Banten Al Muktabar meninjau pembangunan tahap 2 SMKN 14 Kabupaten Tangerang (foto istimewa)

INDOPOS.CO.ID – Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar menegaskan, pihaknya akan tetap menggunakan e katalog dalam pembelian barang dan jasa, termasuk memasarkan produk lokal di lingkungan Pemerintarah Provinsi (Pemprov) Banten sesuai arahan dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian.

Menurut Al Muktabar dengan menggunakan e-katalog, tak perlu lagi repot mengadakan tender dan menghindari praktik-praktik korupsi dan kolusi. Selain itu dengan memanfaatkan e-katalog, Pemerintah tinggal membeli barang/jasa yang dibutuhkan tanpa melalui proses tender dan tanpa batasan nilai.

“Dengan menggunakan e katalaog, rata rata pengerjaan proyek pengadaaan barang dan jasa di Pemprov Banten adalah berasal dari Banten,” terangnya kepada indopos.co.id, Minggu (15/10/2023).

Al Muktabar mengaku tidak pernah menghalang halangi rekanan Pemprov Banten untuk mendapatkan proyek, termasuk mengarahkan OPD (Organisasi Perangkat Dearah) atau Kepala Dinas sebagai Pengguna Anggaran maupun PPK (Pejabat Pembuat Komitmen) untuk memilih kontraktor atau rekanan tertentu untuk mendapatkan proyek di lingkungan Pemprov Banten.

“Silakan perusahannya daftar di ULP (Unit Layanan Pengadaan) dan berkompetisi secara sehat untuk mendapatkan proyek.Saya tidak pernah menghalang halangi atau mengarahkan OPD untuk memilih perusahaan tertentu,” tegasnya.

Salah satu pembangunan yang menggunakan e katalog, kata Al Muktabar adalah pembangunan tahap 2 Unit Sekolah Baru (USB) SMK Negeri 14 Kabupaten Tangerang.

“Kita berkunjung dan mengecek langsung aktivitas pembangunan di SMKN 14 Kabupaten Tangerang, saat ini kondisi sudah mencapai 49 persen dan diharapkan pembangunan tersebut dapat selesai sesuai dengan kontrak yang ditentukan,” ungkap Al Muktabar.

Al Muktabar menyampaikan kegiatan peninjauan tersebut merupakan rangkaian kegiatan ekspedisi reformasi birokrasi berdampak yang dilakukan Pemprov Banten, terutama berkaitan dengan upaya peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) pada sektor pendidikan.

“Kita juga mengecek layanan kita disini, dan pembangunan itu kita menggunakan e-Katalog. Tentunya yang mengedepankan akuntabilitas, efesien dan transparan,” tandasnya.

Sementara, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Banten Tabrani mengatakan Pemprov Banten tengah berkonsentrasi dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan dalam menyongsong generasi unggul ke depannya.

“Hal itu terlihat dengan Pak Pj Gubernur meninjau langsung pembangunan di SMKN 14 dan SMAN 31 Kabupaten Tangerang dan direncanakan Pj Gubernur sendiri yang akan meresmikan,” ujarnya. (yas)

Exit mobile version