Peringati Sumpah Pemuda ke 95, Bupati Nias Barat Ajak Masyarakat Perbanyak Membaca

nias

Bupati Nias Barat, Khenoki Waruwu (empat dari Kiri) pada acara melaunching pemanfaatan Mobil Perpustakaan Keliling (Puskel) bantuan dari Perpustakaan Nasional. / humas Pemkab Nias Barat for Indopos.co.id

INDOPOS.CO.ID – Pemerintah Kabupaten Nias Barat menggelar upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 tahun 2023, dengan Tema “Bersama Majukan Indonesia” bertempat di Halaman Kantor Bupati Nias Barat, Senin (30/10/2023). Pada kesempatan kali ini, Bupati Nias Barat, Khenoki Waruwu mengamanahkan agar masyarakat memiliki kegemaran membaca ditengah gempuran laju teknologi yang terus melaju. Dia mengaku prihatin akan makin menurunnya minat baca masyarakatnya belakangan ini.

“Membaca itu bukan lagi cendela dunia, tapi sudah menjadi pintu menuju dunia. Sekarang era teknologi yang makin canggih sudah dengan mudah mendapatkan informasi, saya harap generasi Nias Barat harus terus memiliki niat membaca yang tinggi, agar bisa mengubah kehidupan lebih baik,” ujar Khenoki Waruwu dalam sambutannya.

Pada kesempatan yang sama, Khenoki Waruwu juga melaunching pemanfaatan Mobil Perpustakaan Keliling (Puskel) bantuan dari Perpustakaan Nasional dan penyerahan secara simbolis buku-buku bacaan kepada Perpustakaan Komunitas Masyarakat PKBM Orpenteg Desa Sisobawino Kecamatan Lolofitu Moi, Nias Barat. Khenoki berharap Mobil Perpustakaan Keliling dapat dimanfaatkan untuk mendekatkan perpustakaan kepada masyarakat dan buku-buku bacaan yang ada dapat dipergunakan dalam meningkatkan literasi dan minat baca masyarakat.

“Saya melihat perlu dan harus dipaksa minat baca masyarakat karena semakin banyak kegiatan lain yang menyita anak-anak sehingga waktu dan minat untuk membaca makin tidak ada. Dengan mobil perpustakaan keliling ini bisa merangsang anak-anak muda ini untuk kembali gemar membaca,” pintanya.

Pada upacara sumpah pemuda kali ini ada yang berbeda, kalau biasanya bupati sebagai inspektur upacara, kali ini dipimpin oleh Dandim 0213/Nias Letkol Inf. Torang Parulian Malau, dan Komandan Upacara Sozanolo Daeli dari Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI). Inspektur upacara membacakan sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga, lewat sambutan tersebut mengingatkan agar setiap pemuda perlu mempunyai visi, misi dan peran strategis pada pembangunan agar terlaksana lebih cepat. Ia juga berharap peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 Tahun 2023 ini menjadi momentum membangkitkan semangat kolaborasi dalam memajukan negeri.

“Lewat sambutan menteri pemuda dan olahraga yang saya bacakan, terkandung makna bahwa pemuda pemudi era saat ini, tidak saja harus memiliki visi dan misi, tapi juga integritas semangat yang berkobar untuk mewujudkan cita-cita Indonesia emas pada 2045,” tegas Letkol Inf. Torang Parulian Malau.

Setelah upacara usai, dilanjutkan dengan ramah tamah dan talkshow bertajuk “Bersama Majukan Bangsa” dengan Narasumber Dandim 0213/Nias dengan Topik Wawasan Kebangsaan dan Character Building, Nelly Marinda dengan Topik Entrepreneurship dan membangun Jejaring Usaha dan Edi Suranta Tarigan Pimpinan Bidang Sales and Distribution Divisi Ritel Bank Sumut dengan Topik Peluang Permodalan dan Pembinaan UMKM.

“Harapan kami, pemuda-pemudi Nias Barat bisa berperan dalam membangun negeri. Kalau bukan kita, siapa lagi, kalau bukan sekarang, kapan lagi,” pungkas Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemudan dan Olahraha Nias Barat, April Imelda Juita Hia. (ney)

Exit mobile version