RM Padang Serba Rp10 Ribu di Rangkasbitung Sepakat Naikkan Harga Rp12 Ribu

RM Padang Serba Rp10 Ribu di Rangkasbitung Sepakat Naikkan Harga Rp12 Ribu - rm - www.indopos.co.id

Surat kesepakatan bersama pengusaha rumah makan Padang serba Rp10 ribu di Rangkasbitung. Foto: Istimewa

INDOPOS.CO.ID – Ratusan pemilik rumah makan Padang serba Rp10 ribu di Kota Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, kini sepakat menaikkan harga jual paling murah menjadi Rp12 ribu satu porsi atau sebungkus nasi, menyusul naiknya harga sejumlah bahan baku,seperti beras, daging ayam, daging sapi, minyak goreng, serta bahan bahan pokok lainnya.

“Dalam rapat akbar dua hari lalu yang dihadiri oleh ratusan pengusaha rumah makan Padang serbba Rp10 ribu di sekretariat IKM, semuanya sepakat manaikan harga sebungkus nasi atau seporsi nasi dengan lauk pauknya dari Rp10 ribu menjadi Rp12 ribu paling murah,” terang Jamaludin Chaniago ketua Ikatan Keluarga Minang (IKM) Kabupaten Lebak kepada indopos.co.id, Senin (30/10/2023).

Ia menjelaskan, alasan pengusaha rumah makan Padang serba Rp10 ribu menaikan harga menjadi Rp12 ribu, karena kondisi ekonomi setahun lalu dengan sekarang sangat jauh berbeda, terutama sejak adaya kenaikan harga BBM yang diikuti oleh kenaikan harga bahan baku masakan Padang.

”Idealnya satu porsi nasi Padang itu Rp15 ribu, namun mereka sepakat menetapkan harga Rp12 ribu biar terjangkau oleh masyarakat,” cetusnya.

Jamaludin menegaskan, pemberlakukan harga seporsi nasi Padang dari Rp10 ribu menjadi Rp12 ribu ini akam berlaku efektif pada tanggal 3 November 2023.” Jika ada yang membandel dan tidak mau menaikkan harga menjadi Rp12 ribu akan ada sanksi,” tegasnya.

Diketahui, rumah makan Padang dengan harga makanan hanya Rp10 ribu satu porsi tersebut biasanya banyak dijumpai di di seputaran Kota Rangkasbitung, dan sepanjang ruas jalan utama dan kota kota di kecamatan di Kabupaten Lebak hingga tempat strategis lainnya.

Seorang pengusaha rumah makan Padang serba Rp10 ribu mengaku, menjual nasi seharga Rp10 ribu memang tidak besar keuntungan yang diperoleh, namun uang yang didapat lebih cepat perputarannya karena banyak yang membeli.

Meski terbilang murah, bukan berarti ia menyajikan menu seadanya. Pilihan yang disediakan cukup banyak, bahkan tidak kalah dengan menu rumah makan pada umumnya.

Beberapa di antaranya, ayam bakar, ikan asam padeh, ayam bumbu, lele goreng, ayam gulai, ikan nila bakar dan menu lainnya dengan harga Rp10 ribu lengkap dengan air minum. (yas)

Exit mobile version