Efektif Rp 12 Ribu Seporsi, Ini Syarat Lain Buka Rumah Makan Padang di Rangkasbitung

saraso

Salah satu rumah makan Padang di Rangkasbitung yang sudah menerapkan harga Rp 12 ribu satu porsi. (foto yasril/indopos.co.id)

INDOPOS.CO.ID – Penikmat rumah makan masakan Padang serba Rp 10 ribu di seputaran Kota Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten mulai hari ini tidak akan menemui lagi rumah makan Padang yang menjual menu Rp 10 ribu satu porsi tersebut.

Pasalnya, ratusan pengusaha rumah makan masakan Padang serba 10 ribu yang difasilitasi oleh Ikatan Keluarga Minang (IKM) Kabupaten Lebak sudah sepakat menaikan harga menjadi 12 ribu seporsi yang berlaku efektif mulai hari ini, Jumat (3/11/2023).

Sekretaris IKM Lebak, Toni Januardi yang juga pengusaha rumah makan Padang merk “Sakato” kepada indopos.co.id menjelaskan, penyesuaian harga di rumah makan Padang terpaksa dilakukan menyusul naiknya semua kebutuhan pokok untuk bahan baku rumah makan, seperti cabe, daging ayam dan sapi, serta semua rempah rempah yang selama ini digunakan di rumah makan masakan Padang.

“Idealnya masakan Padang itu Rp 15 ribu satu porsi, namun mengingat daya beli masyarakat masih relatif rendah dan kebiasaan selama ini Rp 10 ribu satu porsi, sehingga seluruh pengusaha rumah makan Padang hanya sepakat menaikan harga paling rendah Rp 12 ribu satu porsi meski dengan keuntungan yang sangat minim,” terang Anton.

Tak hanya itu, menjamurnya rumah makan masakan Padang di seputaran Kota Rangkasbitung, sehingga tak jarang terjadi persaingan tidak sehat maka para pengusaha rumah itu sepakat membuat aturan internal untuk membuka rumah makan baru harus berjarak minimal 500 meter dari rumah akan yang sudah ada.

”Aturan ini tidak berlaku untuk rumah makan masakan Padang yang sudah ada, namun untuk yang baru memulai usaha rumah makan masakan Padang harus berjarak minimal 500 meter dari rumah makan yang sudah ada. Aturan ini tidak berlaku di sekitaran pasar atau jalan protokol,” tegasnya.

Diketahui, rumah makan Padang dengan harga makanan hanya Rp10 ribu satu porsi tersebut biasanya banyak dijumpai di seputaran Kota Rangkasbitung, dan sepanjang ruas jalan utama dan kota-kota di kecamatan di Kabupaten Lebak hingga tempat strategis lainnya.

Seorang pengusaha rumah makan Padang serba Rp10 ribu sebelumnya mengaku, menjual nasi seharga Rp10 ribu memang tidak besar keuntungan yang diperoleh, namun uang yang didapat lebih cepat perputarannya karena banyak yang membeli.

Meski terbilang murah, bukan berarti ia menyajikan menu seadanya. Pilihan yang disediakan cukup banyak, bahkan tidak kalah dengan menu rumah makan pada umumnya.

Beberapa di antaranya, ayam bakar, ikan asam padeh, ayam bumbu, lele goreng, ayam gulai, ikan nila bakar dan menu lainnya dengan harga Rp10 ribu lengkap dengan air minum. (yas)

Exit mobile version