Andra Soni Berpeluang Maju di Pilgub Banten

soni

Andra Soni ketua DPD Partai Gerindra Provinsi Banten. (istimewa)

INDOPOS.CO.ID – Meski pemilihan Gebernur dan wakil Gubernur Banten akan digelar bulan November tahun depan, namun sejumlah figur politisi mulai digadang gadang maju dalam Pilgub Banten 20224 mendatang.

Sejumlah nama yang kini beredar di publik adalah, Airin Rachmi Diany politisi partai Golkar yang juga mantan Wali Kota Tangerang Selatan dua periode, Hj Iti Octavia Jayabaya ketua DPD Partai Demokrat Banten yang juga mantan Bupati Lebak dua periode,Wahidn Halim mantan Gubernur Banten ketua DPW Partai Nasdem Banten, Rano Karno politisi asal PDIP yang juga mantan Gubernur Banten, dan Arief Rachadiono Wismansyah mantan wali kota Tangerang dua periode yang kini aktif memasang poster dan baliho di sejumlah kota dan kabupaten di Banten.

Selain nama nama yang sudah beredar di publik tersebut, kini muncul nama ketua DPRD Banten yang juga ketua DPD Partai Gerindra Banten Andra Soni yang patut diperhitungan maju sebagai calon Gubernur atau wakil Gubernur Banten 2024, mengingat Gerindra adalah sebagai partai pemenang pemilu di Banten tahun 2019 lalu.

“Kami sebagai kader partai pemenang pemilu 2019 lalu menginginkan ketua DPD Gerindra Banten pak Andra Soni maju sebagai calon Gebernur atau wakil Gubernur Banten tahun 2024 mendatang,” ujar Hilman kader Partai Gerindra Kabupaten Lebak kepada indopos.co.id, Minggu (19/11/2023).

Menurut Hilman, Andra Soni yang kini ditunjuk sebagai koordinator Tim Kampanye Daerah (TKD) Prabowo-Gibran Banten ini sangat layak untuk ikut maju dalam bursa calon Gubernur Banten. Lantaran, kapabilitas, intelektualitas, kapasitas dan integritasnya selama menjadi orang nomor di legislatif Banten sangat terlihat mumpuni dan piawai memainkan perannya sebagai ketua DPRD.

“Dalam konteks personalitas, pengalaman, kredibelitas, integritas serta intelektualitas, Pak Andra Soni ini sudah sangat memenuhi syarat apa yang diinginkan oleh warga Banten. Beliau sangat piawai dalam memainkan peran sebagai ketua DPRD Banten,” kata Hilman.

Hal unik dari Andra Soni kata Hilman, beliau adalah seorang figur pemimpin yang mendahulukan kepentingan partai dan kemajuan daerah dibandingan kepentingan pribadi.
“ Sebagai ketua DPD Partai Gerindra Provinsi Banten, sebenarnya beliau bisa saja meminta ketua DPC atau caleg Gerindra di Kabupaten/ Kota untuk memasang foto beliau di setiap baliho caleg untuk mensosialisasikan nama beliau di masyarakat, seperti yang dilakukan oleh ketua DPD partai lain, namun itu tidak dilakukan oleh pak Andra Soni,” cetusnya.

Hal senada dikatakan oleh Ikhsan Ahmad, akademisi dan pengamat politik dari Universias Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) Banten yang menilai, Andra Soni memiliki potensi dan kemampuan yang mumpuni untuk menjadi Gubernur Banten perode 2024- 2029.

“Nampaknya pencalonan Cagub dan Cawagub akan terlihat jelas setelah pilpres dan pileg. Namun demikiam, dari kapasitas pak Andra Soni, beliau memiliki potensi dan kemampuan yang mumpuni untuk mencalonkan diri, apalagi dalam pemilu kemarin parati Gerindra adalah partai pemenang pemilu di Banten,” ujar Ikhsan Ahmad. (yas)

Exit mobile version