Dua Satker BPN DKI Jakarta Raih Predikat WBK, Banten Nihil

Dua Satker BPN DKI Jakarta Raih Predikat WBK, Banten Nihil - irjen atr - www.indopos.co.id

Irjen Kementerian Agraria, Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Republik Indonesia, RB Agus Widjajanto. (Dok Indopos.co.id)

INDOPOS.CO.ID – Prestasi demi prestasi terus ditorehkan oleh jajaran Kantor Wilayah (Kanwil) Badan Pertanahan Nasioonal (BPN) DKI Jakarta di bawah kepemimpanan Wartomo.

Setelah berhasil membawa seluruh Satker di BPN se-DKI Jakarta meraih piagam penghargaan sebagai zona hijau kualitas tertinggi dan tinggi sebagai predikat kepatuhan standar pelayanan publik tahun 2022 dari Ombudsman Republik Indonesia (ORI) Perwakilan Jakarta Raya.

Tahun 2023 ini Wartomo juga berhasil menjadikan 3 Kantor Pertanahan menjadi Kota Lengkap, yakni BPN Jakat Pusat, BPN Jakarta Utara dan BPN Jakata Barat.

Terbaru, dua Satker di jajaran Kanwil BPN DKI Jakarta yaitu Kanwil BPN DKI Jakarta dan BPN Jakarta Pusat juga akan menerima penghargaan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) sebagai Satker periah predikat ZI (Zona Integritas) Wilayah Bebas Korupsi(WBK) yang akan diserahkan langusng oleh Menteri PAN-RB Abdullah Azwar Anas di Denpasar, Bali, Rabu (6/12/2023) besok.

Predikat WBK sendiri adalah hasil evaluasi yang dilakukan oleh KemenPAN-RB terhadap instansi pemerintah untuk memperbaiki birokrasi, agar seluruh geraknya dapat berdampak kepada masyarakat.

Untuk meraih predikat bergengsi itu tidak mudah dan perlu dilakukan komitmem dan perbaikan untuk menuju birokrasi berkelas dunia, baik dari pimpinan hingga ke seluruh jajarannya, sehingga yang dilakukan oleh instansi pemerintah itu memberikan dampak nyata kepada masyarakat.

Evaluasi dan penilaian untuk mendapatkan predikat ZI WBK itu mencakup evaluasi Reformasi Birokrasi (RB), Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP), Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM).

Sementara evaluasi di bidang pelayanan publik mencakup Indeks Pelayanan Publik (IPP), penyediaan sarana prasarana ramah kelompok rentan, serta inovasi pelayanan publik.

Inspektur Jenderal (Irjen) Kementerian ATR/BPN Republik Indonesia RB Agus Widjayanto yang dkonfirmari indopos.co.id menjelaskan, tahun ini ada beberapa Satker di Kementeria ATR/BPN yang meraih predikat ZI WBK, yaitu Kantor Pertanahan Kota Bekasi (Jawa Barat), Kantah Kota Bitung (Sulawssi Utara), Kantor Pertanahan Kota Balikpapan (Kalimantan Timur) Kantor Pertanhan Jakarta Pusat, dan Kanwil BPN DKI Jakarta.

“Tahun ini ada 5 Satker yang meriah prediat ZI WBK, yaitu Kanta Kota Bekasi, Kota Bitung,K ota Jakarta Pusat, Kanwil BPN DKI Jakarta dan Kota Balikpapan,” terang RB Agus Widjayanto, Selasa (5/12/2023).

Berdasarkan data yang dihimpun dari Kemenetrian PANRB, jajaran Kanwil BPN Provinsi Banten yang setiap tahun selalu mendapatkan predikat bergengsi tersebeut dari Kementerian PAN-RB, tahun ini terpaksa gugi jari karena Satker yang diusulkan untuk meraih predikat WBK, yakni Kantor Pertanahan Kabupaten Tangerang ternyata tidak memenuhi syarat untuk mendapatkan predikat WBK, dan tahun ini tidak satu pun Satker di BPN Banten yang meraih predikat WBK. (yas)

Exit mobile version