Pasca-Erupsi Gunung Lewotobi di Flores, Warga Diungsikan

Gunung-Lewotobi

Erupsi Gunung Lewotobi Laki-Laki, di Kabupaten Flores Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timir. Foto: PVMBG untuk INDOPOSCO

INDOPOS.CO.ID – Gunung Lewotobi Laki-laki mengalami dua kali erupsi pagi ini, Minggu (7/1/2024). Dari catatan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) erupsi terjadi pukul 09.53 WITA dan 10.12 WITA.

“Terjadi erupsi G. Lewotobi Laki-laki pada hari Minggu, 07 Januari 2024, pukul 10:12 WITA. Tinggi kolom erupsi tidak teramati. Saat laporan ini dibuat, erupsi masih berlangsung,” ungkap Petugas Pos Pengamatan Gunung Api, Anselmus Bobyson Lamanepa dalam keterangan resminya, Minggu (7/1/2024).

Diketahui, Gunung Api Lewotobi Laki-laki terletak di Kabupaten/Kota Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) dengan posisi geografis di Latitude -8.5389°LU, Longitude 122.7682°BT dan memiliki ketinggian 1584 mdpl.

Sebelumnya, Pos Pemantau Gunung Api Lewotobi di Kecamatan Wulanggitang, Kabupaten Flores Timur, NTT, melaporkan Gunung Lewotobi Laki-Laki kembali erupsi dengan tinggi kolom abu teramati sekitar 1.500 meter di atas puncak gunung itu, Sabtu.

“Telah terjadi lagi erupsi Gunung Lewotobi Laki-Laki, Kabupaten Flores Timur pada Sabtu (6/1/2024) pukul 13.21 WITA,” kata Herman Yosef S Mboro dalam laporannya.

Hingga saat ini sejumlah warga terpaksa harus mengungsi dan menempati tenda-tenda pengungsian. Untuk membantu mencukupi kebutuhan warga, TNI/ Polri pun diterjunkan dengan membuat dapur umum. (nas)

Exit mobile version