Rektor Untirta Dukung Pemindahan IKN ke Kaltim

Rektor Untirta Dukung Pemindahan IKN ke Kaltim - ikn - www.indopos.co.id

Foto udara pembangunan kawasan Ibu Kota Negara (IKN). Foto: PT Brantas Abipraya (Persero) for INDOPOS.CO.ID

INDOPOS.CO.ID – Rektor Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) Banten Prof. DR. Ir. Fatah Sulamen mendukung pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) dari Jakarta ke Kalimantan Timur (Kaltim). Menurutnya, hal itu agar pembangunan dan pusat perekonomian tidak terpusat di satu wilayah, namun terjadi pemerataan pembangunan dan ekonomi di seluruh Indonesia.

Tidak itu saja, menurut fatah, alasan pemindahan IKN ke Kaltim juga melihat kompleksnya persoalan di Jakarta saat ini, seperti banjir dan macet. Menurut data Bank Dunia, kemacetan di Jakarta berpotensi menimbulkan kerugian hingga Rp65 triliun per tahunnya.

Untuk menuju Indonesia lebih maju itu, Fatah bersama para rektor yang tergabung dalam Badan Kerjasama Perguruan Tinggi Negeri Wilayah Barat (BK PTN-Barat) mendukung dan sudah melakukan deklarasi pemindahan IKN dari Jakarta ke Kaltim.

“Kami mendukung pembangunan Ibu Kota Nusantara di Provinsi Kalimantan Timur dam sudah melakukan deklarasi bersama para Rektor BKS PTN-Barat sebagai bentuk komitmen dukungan elemen bangsa bagi Indonesia Maju,” jelas Fatah kepada media, Minggu (4/2/2024).

“Kalimantan Timur merupakan daerah yang tepat untuk jadi IKN posisinya di tengah dan strategis, potensi bencana sangat kecil dan jika itu segera dapat direaliasikan maka kemecatan di Jakarta selama ini dapat diatasi,” tambahnya. (yas)

Exit mobile version