Bea Cukai Kenalkan Tugas dan Fungsi ke Generasi Muda Lewat Kegiatan CGTS

bc4

Bea Cukai kembali menjalankan tugasnya dalam mengedukasi masyarakat lewat kegiatan customs goes to school (CGTS). Foto: Ist

INDOPOS.CO.ID – Bea Cukai kembali menjalankan tugasnya dalam mengedukasi masyarakat lewat kegiatan customs goes to school (CGTS). Kegiatan tersebut kali ini dijalankan di wilayah Banjarmasin oleh Kanwil Bea Cukai Kalimantan Bagian Selatan dan di wilayah Kediri oleh Bea Cukai Kediri.

Kepala Subdirektorat Hubungan Masyarakat dan Penyuluhan, Encep Dudi Ginanjar, mengungkapkan, “kegiatan CGTS merupakan salah satu sarana edukasi Bea Cukai yang menyasar generasi muda. Lewat CGTS diharapkan, anak-anak muda akan semakin memahami tugas dan fungsi Bea Cukai.”

CGTS yang diadakan Kanwil Bea Cukai Kalimantan bagian Selatan kali mengambil tema “Mengenal lebih dekat Kanwil DJBC Kalbagsel: Kenali Perannya, Pahami Tugasnya, Bersama Kawal Keuangan Negara” dan diadakan di SMA Negeri 5 Banjarmasin. Ini merupakan salah satu usaha yang dilakukan Bea Cukai Kalimantan Bagian Selatan untuk menyosialisasikan dan mengenalkan kepada siswa/siswi SMA mengenai tugas yang dijalankan oleh Bea Cukai. Sebelumnya, Bea Cukai Kalimantan Bagian Selatan juga rutin mengadakan acara serupa ke perguruan tinggi.

Sementara itu, Bea Cukai Kediri juga mengadakan CGTS ke SMA Negeri 1 Mojo. Kegiatan yang rutin dilakukan ke sekolah ini merupakan salah satu cara Bea Cukai Kediri untuk memperkenalkan tugas dan fungsi Bea Cukai kepada para siswa.

Beberapa materi yang rutin disampaikan dalam kegiatan CGTS oleh Bea Cukai antara lain, tugas dan fungsi bea cukai, peran bea cukai dalam menopang APBN, ketentuan barang kiriman dan barang bawaan penumpang dari luar negeri, prosedur pendaftaran IMEI, modus-modus penipuan mengatasnamakan bea cukai, serta informasi terkait pendaftaran PKN-STAN. (ipo)

Exit mobile version