Perkuat Kemitraan, Dompet Dhuafa Yogyakarta Gelar Forum Silaturahmi Puskopsyah DIY

dd

Dalam rangka meningkatkan sinergi kerja sama dalam pengelolaan zakat, Dompet Dhuafa Yogyakarta bersama Mitra Pengelola Zakat (MPZ) Dompet Dhuafa menyelenggarakan forum silaturahmi Mitra Pengeloaan Zakat yang dihadiri oleh para anggota Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) dan atau KSPPS yang tergabung dalam keanggotaan Puskopsyah DIY, Kamis (7/3/2024). (Dok. Dompet Dhuafa)

INDOPOS.CO.ID – Upaya meningkatkan sinergi kerja sama dalam pengelolaan zakat, Dompet Dhuafa Yogyakarta bersama Mitra Pengelola Zakat (MPZ) Dompet Dhuafa menyelenggarakan forum silaturahmi Mitra Pengeloaan Zakat yang dihadiri oleh para anggota Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) dan atau KSPPS yang tergabung dalam keanggotaan Puskopsyah DIY, Kamis (7/3/2024).

Acara diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Zakat kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Muhammad Zahron selaku pimpinan cabang Dompet Dhuafa Yogyakarta yang menjelaskan bahwasanya dengan terselengaranya acara ini diharapkan dapat mempererat ukhuwah kemitraan maupun kerja sama, di mana Dompet Dhuafa Yogyakarta sebagai LAZNAS menjadi payung legal dalam pengelolaan zakat.

“Kita ketahui bahwa dalam pengelolaan dana zakat harus dilakukan oleh lembaga yang sah di mata hukum, semoga dengan kehadiran Dompet Dhuafa ini dapat memberikan dampingan kepada para mitra baik berupa pendampingan program dan aktivitas lainnya terutama yang tergabung dalam keanggotaan Puskopsyah DIY , sehingga disini kita dapat bersinergi membantu pemerintah dalam mengentaskan permasalahan kesejahterahan terutama bagi kaum dhuafa,” ujar Zahron.

Dilanjutkan oleh Syaiful selaku sekretaris dari Puskopsyah DIY, yang menyatakan bahwa sejauh ini sudah banyak para anggota Puskopsyah yang bergabung dengan menjadi (Mitra Pengelola Zakat) MPZ di Dompet Dhuafa Yogyakarta.

”Para anggota Puskopsyah DIY membutuhkan lembaga payung hukum tingkat nasional dalam menjalankan aktivitas baik dalam funding, penyaluran program maupun operasional. Dengan bermitra bersama Dompet Dhuafa Yogyakarta ini semoga dapat membantu kita dalam mengelola zakat dan ini dapat menjadi upaya dalam memperkenalkan BMT kita kepada masyarakat yang lebih luas.”

Pada acara ini juga disampaikan tentang pengenalan pola kerjasama MPZ Dompet Dhuafa oleh Sulis selaku manager dari MPZ Dompet Dhuafa. Sulis menjelaskan secara jelas terkait sejarah, tujuan dan program-program dari pengembangan MPZ Dompet Dhuafa kemudian menjelaskan bahwa untuk menjadi MPZ Dompet Dhuafa harus memiliki komitmen professional, amanah, akuntabel serta komitmen dalam berkolaborasi.

Ibu Sulis memaparkan bagaimana dan seperti apa mekanisme menjadi MPZ Dompet Dhuafa kemudian acara diakhiri dengan sesi tanya jawab seputar pola kerjasama kemitraan, benefit dan program kolaborasi ketika menjadi mitra MPZ Dompet Dhuafa.

“Forum hari ini menjadi peluang kerjasama yang baik dalam kemitraan khususnya dalam aktivitas Baitul Maal. Tadi sudah dijelaskan terkait benefit dan mekanisme Kerjasama menjadi MPZ Dompet Dhuafa. Besar harapan kami untuk segera menjalin kerjasama untuk menjadi MPZ Dompet Dhuafa,” tandas Dudet Soebyanto dari BMT Foristama.

Tentang Dompet Dhuafa

Dompet Dhuafa adalah lembaga filantropi islam yang berkhidmat dalam pemberdayaan kaum dhuafa dengan pendekatan budaya, welasasih (filantropis) dan wirausaha sosial. Menapaki perjalanan lebih dari tiga dekade (30 tahun), Dompet Dhuafa berkontribusi menghadirkan layanan bagi pemberdayaan dan pengembangan umat melalui lima pilar program yaitu pendidikan, kesehatan, ekonomi, sosial kebencanaan, dakwah dan budaya, serta CSR. (adv)

Exit mobile version