Ketua DPRD Banten Andra Soni Dinilai Pantas Jadi Cagub, Begini Kata Akademisi

Ketua DPRD Banten Andra Soni Dinilai Pantas Jadi Cagub, Begini Kata Akademisi - andra - www.indopos.co.id

Ketua DPRD sekaligus Ketua DPD Partai Gerindra Provinsi Banten, Andra Soni. (Dok. Andra Soni)

INDOPOS.CO.IDAkademisi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) Banten Ikhsan Ahmad menyebut Ketua DPRD Banten sekaligus Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Provinsi Banten, Andra Soni merupakan sosok yang layak diusung sebagai calon gubernur (Cagub) Banten, bukan calon wakil gubernur (Cawagub) pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) November 2024 nanti.

Menurut Ikhsan, Andra Soni adalah sosok pemimpin bertangan dingin dan memiliki leadership yang kuat sebagai seorang pemimpin, dan memiliki kompetensi sebagai seorang gubernur.

Ikhsan mengatatakan, Andra Soni cocoknya jadi calon gubernur, bukan calon wakil gubernur sebagaimana disuarakan oleh berbagai kalangan belakangan ini, dengan beberapa indikator.

Salah satunya kata Ikhsan adalah Andra Soni berhasil secara eksternal mengantarkan Partai Gerindra sukses dalam perhelatan pemilihan presiden, di mana Andra Soni menjabat sebagai Koordinator Tim Pemenangan Daerah (TPD) pasangan Prabowo-Gibran Provinsi Banten.

“Hanya saja Andra Soni ini memang tipe seorang pemimpin yang tidak suka pencitraan dan tampil di publik. Dia lebih suka kerja nyata dibanding pencitraan. Lihat saja, saat Pemilu lalu jarang fotonya tampil di baliho dan alat peraga kampanye di Dapil Banten 8 di Kota Tangerang. Padahal sebagai ketua DPD Partai Gerindra Banten, bisa saja dia meminta foto dirinya dipasang bersama caleg lain seperti yang dilakukan oleh beberapa ketua DPD partai politik lain,” terang Ikhsan kepada indopos.co.id, Jumat (15/3/2024).

“Meski jarang ada dan hampir tidak ditemukan alat peraga kampanye (APK) milik Andra Soni di Dapilnya saat pemilu lalu, namun beliau tetap terpilih kembali di dapil ‘neraka’ yang bertabur bintang dan para incumbent tersebut,” sambung Ikhsan.

Sementara secara internal, leadership dan kompetensi, Andra Soni sudah tidak perlu diragukan dan sudah sangat mumpuni.

”Jadi sebaiknya Andra Soni maju dalam Pilgub Banten dan berkoalisi dengan partai Golkar,” cetus Ikhsan.

Ikhsan menambahkan, dengan banyak pertimbangan dan karakteristik masyarakat di Banten, sebaiknya mantan Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany dari Partai Golkar menjadi calon wakil gubernur (Cawagub) sementara calon gubernurnya adalah Andra Soni dari Gerindra yang saat ini masih menjabat sebagai ketua DPRD Banten.

Sebelumnya pengamat politik yang juga Direktur Eksekutif Kajian Politik Nasional (KPN) Adib Miftahul menyebut, peluang Partai Gerindra sebagai partai penguasa di Banten bisa menyodorkan nama calon wakil gubernur, seperti Ketua DPRD Provnsi Banten yang juga Ketua DPD Partai Gerindra Banten Andra Soni.

“Saya melihat kontestasi Pilpres ini dengan Koalisi Indonesia Maju (KIM) Prabowo eksplisit telah menyebutkan Ibu Gubernur itu kepada Airin. Saya kira peluang Gerindra untuk mengusung calon gubernur tertutup, dan model KIM (Koalisi Indonesia Maju) di pusat bisa mengikuti nanti di daerah soal Pilgub Banten,” terang Adib kepada indopos.co.id, Kamis (14/3/2024) kemarin.

Adib mengungkapkan, kans Gerindra memajukan kadernya Andra Soni untuk mendampingi Airin di Pilgub Banten sangat besar. Apalagi Andra Soni dan Airin Rachmi Diany pernah berkolaborasi dalam pilpres 2024, di mana Andra Soni menjabat sebagai Koordinator Tim Pemenangan Daerah (TPD) dan Airin sebagai Ketua TPD Prabowo-Gibran, Provinsi Banten.

“Saya kira sangat besar peluangnya, tadi saya katakan bahwa KIM yang sekarang di pusat bisa turun ke tingkat provinsi, semuanya berpeluang kan tidak mungkin Gerindra yang punya suara besar hanya menjadi penonton saja,” ujarnya. (yas)

Exit mobile version