Tak Ada Kesalahan Konstruksi, DPUPR Banten Targetkan Tiang Penyangga Tanjakan Bangangah Rampung H-10

Tak Ada Kesalahan Konstruksi, DPUPR Banten Targetkan Tiang Penyangga Tanjakan Bangangah Rampung H-10 - Jalan tanjakan Bungangah - www.indopos.co.id

Jalan tanjakan Bungangah Pandeglang, Banten. Foto : Istimewa

INDOPOS.CO.ID – Tiang penyangga tanah atau sheet pile di tanjakan Bangangah, Kecamatan Pulosari, Kabupaten Pandeglang, Banten kini tengah diperbaiki.

Kepala Dinas PUPR Banten Arlan Marzan mengatakan, perbaikan tiang itu dilakukan dengan cara pembongkaran tiang penyangga agar perbaikan masih menjadi tanggung jawab kontraktor.

“Perbaikan yang dilakukan merupakan pekerjaan sheetpile di sisi kiri pada segmen 2 dengan panjang perbaikan 9 meter, pekerjaan tersebut sudah dimulai pada 13 hingga 30 Maret 2024 atau 10 hari menjelang lebaran Idul Fitri 2024,” terang Arlan, Senin (18/3/2024).

Arlan menjelaskan, perbaikan ini dilakukan pada masa pemeliharaan guna meningkatkan estetika, agar ruas tersebut sedap dipandang mata dan meningkatkan kembali tingkat struktur keamanannya.

“Pemeliharaan dilaksanakan oleh PT. Bangun Cipta Azima Mandiri selaku penyedia jasa,” cetusnya.

Ia menyebut, hanya sembilan tiang yang diperbaiki dari total 210 tiang yang dipasang. Selain itu tidak ada kesalahan teknis terkait tiang yang miring.

Menurutnya, tiang itu miring dikarenakan terkena lapisan batu pada saat pemancangan.

“Bukan kesalahan teknis, secara kekuatan aman, agak miring karena geser pada saat pemancangan terkena lapisan batu,” katanya.

“Jadi kalau ada informasi atau pemberitaan dari media yang mengatakan temboknya ambrol, itu dipastikan hoax,” sambungnya.

Adapun kegiatan pemeliharaan tiang penyangga tanjakan tersebut di antaranya dengan dilakukan persiapan lahan, bobokan beton, galian tanah, pembersihan, pengecoran retaining wall, timbunan kembali, dan pengembalian kondisi. Meski begitu, ruas jalan Mengger-Mandalawangi-Caringin ini masih bisa dilalui oleh masyarakat.

Hal senada dikatakan oleh kepala seksi (Kasi) Pemeliharan Jalan dan Jembatan UPT Dinas PUPR Banten Wilayah Pandeglang, Samsu yang mebnata adanya kesalahan konstruksi pemasangan tiang pancang tankalan Bungagah.

”Tidak ada kesalahan konstruksi dan itu masih tanggungjawab kontraktor dalam masa pemeliharaan,” kata Samsul. (yas)

Exit mobile version