Gempa Susulan Tuban Capai 58 Kali, Puluhan Rumah Warga Rusak

Gempa Susulan Tuban Capai 58 Kali, Puluhan Rumah Warga Rusak - gempa 1 1 - www.indopos.co.id

Beberapa unit bangunan mengalami kerusakan akibat gempa berkekuatan M6,5 yang mengguncang lepas pantai Kabupaten Tuban, Jawa Timur, pada Jumat (22/3/2024). Foto: Dok BPBD Kabupaten Tuban

INDOPOS.CO.ID – Gempa berkali-kali mengguncang Kabupaten Tuban, Jawa Timur, pada Jumat (22/3/2024) sore, pukul 15.52 WIB. Dengan berkekuatan M6,5 atau lebih besar dari sebelumnya yakni M6,0. Guncangan meluas hingga dirasakan di Kota Surabaya.

Gempa itu berpusat di laut dengan titik episentrum 5.74 LS dan 112.32 BT dengan kedalaman 10 kilo meter. Laporan yang diterima menunjukkan rincian gempa susulan terjadi di Kabupaten Tuban, Pulau Bawean, Kabupaten Gresik dan Kota Surabaya ini telah terjadi sebanyak 58 kali.

Berdasarkan data yang dihimpun Pusdalops BNPB guncangan gempa terjadi di Kabupaten Tuban itu dirasakan di empat kecamatan yakni Kecamatan Soko, Kecamatan Parengan, Kecamatan Bangilan, Kecamatan Rengel, Kecamatan Semanding, dan Kecamatan Tambah.

Sedangkan untuk wilayah Gresik, gempa tersebut dirasakan di dua kecamatan yakni, Sangkapura dan Kecamatan Tambak dan di Kota Surabaya yakni Kecamatan Simokerto, Kecamatan Mulyorejo, dan Kecamatan Genteng.

“Data terakhir hingga pukul 18.00 WIB, total kepala keluarga terdampak (KK) akibat gempa ini, sebanyak 12 KK dan dua orang mengalami luka ringan akibat tertimpa reruntuhan bangunan,” kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari dalam keterangannya, Jumat (22/3/2024).

Adapun kerugian materil dari dampak gempa bumi ini meliputi empat unit rumah rusak berat, 13 unit rumah rusak ringan, 42 unit rumah rusak ringan, satu unit balai desa rusak berat.

“Empat unit fasilitas kesehatan rusak ringan, dua unit Sarana Pendidikan rusak ringan, satu unit Sarana Pendidikan (Ponpes) rusak sedang, dua unit Fasilitas Perkantoran rusak ringan, dan merusak dua unit sarana ibadah,” beber Aam disapanya.

Saat ini, BPBD Kabupaten Tuban, Gresik, dan Rembang tengah melakukan kaji cepat dan berkoordinasi dengan instansi terkait guna melakukan penanganan lebih lanjut. (dan)

Exit mobile version