Pastikan Arus Balik Lancar, Kapolda Riau dan Instansi Terkait Cek Pos Pam

Kapolda-Riau

Kapolda Riau Irjen Pol. Mohammad Iqbal bersama pejabat utama (PJU) Polda Riau serta istansi terkait mengecek Pos Pam OPS Ketupat Lancang Kuning 2024 yang berada di pintu masuk Gerbang Tol XIII Koto Kampar di Desa Tanjung Alai, Kecamatan XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar, Minggu (14/4/2024). (Dok. Humas Polda Riau)

INDOPOS.CO.ID – Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Riau Irjen Pol. Mohammad Iqbal bersama pejabat utama (PJU) Polda Riau serta istansi terkait melaksanakan asistensi di wilayah Kabupaten Kampar dalam rangka peninjauan langsung arus balik Lebaran Idulfitri 1445 Hijriyah (H).

Kegiatan asistensi berlangsung di Pos Pam OPS Ketupat Lancang Kuning 2024 yang berada di pintu masuk gerbang Tol XIII Koto Kampar di Desa Tanjung Alai, Kecamatan XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar. Kegiatan juga dilanjutkan dengan pemantauan arus balik di Gerbang Tol Sungai Pinang, Kecamatan Tambang, Kebupaten Kampar, Minggu (14/4/2024).

Kapolda Riau menjelaskan, jumlah kendaraan arus balik Lebaran Idulfitri 1445 H terpantau kurang lebih sebanyak 38.154 unit yang memasuki wilayah Provinsi Riau.

Sementara untuk kendaraan yang terpantau masuk di Gerbang Tol Permai arus balik dari wilayah Sumatera berjumlah 19,556 unit. Sedangkan dari Sumatera Barat yang melintas di tol Permai berjumlah 18.194 unit.

“Hari ini kita melaksanakan pengecekan Pos Pam, kesiapan personel yang bertugas dan memantau langsung arus balik mudik Lebaran. Tujuan kegiatan asistensi ini merupakan salah satu bentuk komitmen kami dari Polda Riau dan istansi terkait, untuk memastikan kesiapan personel yang bertugas di lapangan agar all out untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat yang melaksanakan balik mudik Lebaran ini,” jelas Kapolda Riau.

Kapolda Riau mengungkapkan jumlah kendaraan arus balik Lebaran diprediksi akan mengalami peningkatan signifikan pada Minggu (14/4/2024) malam ini.

“Untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada pemudik, pengamanan dan pengawasan, patroli di wilayah rawan laka tetap kita laksanakan dan kita tingkatkan. Tujuannya untuk menciptakan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat yang melaksanakan arus balik ini. Personel gabungan yang bertugas siap memberikan pelayanan kepada pemudik yang melaksanakan balik mudik,” ujar Kapolda Mohamad Iqbal.

Sementara itu, dari pantauan langsung di lokasi kegiatan, baik di Pos Pam XIII Koto Kampar maupun Gerbang Tol Sungai Pinang, Kapolda Riau yang didampingi PJU Polda Riau serta istansi terkait menyapa pemudik yang baru saja balik dari Sumatera Barat.

Selain itu Kapolda Riau bersama instansi terkait memberikan bingkisan menarik kepada pengendara dan menyampaikan pesan edukasi keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcarlantas) agar pengendara tetap semangat dan fokus dalam berkendara serta mengutamakan keselamatan daripada kecepatan.

Sementara itu, Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Riau Kombes Pol Taufiq Lukman Nurhidayat mengatakan jajaran personel Satlantas telah siap memberikan kelancaran arus balik Lebaran tahun ini.

“Kami dari Ditlantas Polda Riau dan personel Satlantas jajaran siap memberikan kelancaran aktivitas lalu lintas untuk arus balik Lebaran ini. Seluruh personel gabungan yang terlibat sudah tergelar di Pos Pam, Pos Yan dan Pos Terpadu yang ada. Selain itu, petugas yang ada di jalan tol Pekbang maupun tol Permai juga siap memberikan pelayanan kepada pemudik yang melakukan perjalanan balik,” ujar Taufiq.

Taufiq mengimbau kepada seluruh masyarakat yang melakukan perjalanan balik untuk mengutamakan keselamatan.

“Kami dari Ditlantas Polda Riau kembali mengimbau kepada seluruh masyarakat yang melaksanakan perjalanan balik agar mengutamakan keselamatan. Bila lelah silakan istrahat di tempat yang aman. Utamakan keselamatan daripada kecepatan. Semoga selamat sampai tujuan,” tutupnya. (gin)

Exit mobile version