Menpora Yakin Masa Depan Timnas di Bawah Shin Tae-yong Lebih Baik

menpora

Tim nasional U-23 saat menaklukan Tomor Leste 4-1 (leg1), dan 3-0 di leg 2 pada laga persahabatan FIFA Match Day, di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Minggu (30/1) malam. Foto: Kemenpora

INDOPOS.CO.ID – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali menilai tim nasional (timnas) U-23 asuhan pelatih Korea Selatan Shin Tae-yong memiliki masa depan. Penilaian Menpora tersebut berdasarkan hasil positif yang diraih Timnas usai menaklukan Tomor Leste 4-1 (leg1), dan 3-0 di leg 2 pada laga persahabatan FIFA Match Day.

“Kita punya harapan terhadap anak-anak kita, walaupun meski masih harus digenjot lagi. Anak-anak yang usianya masih muda ini masih ada peluang untuk diturunkan di 2023 nanti,” kata dia, di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Minggu (30/1) malam.

Menpora juga menilai semakin banyak kompetisi dan uji tanding yang dilakoni akan membuat timnas semakin matang dan terasah.

“Semakin banyak pertandingan yang diikuti mereka akan semakin terasah. Latihan sebanyak apapun tanpa kompetisi, tanpa uji tanding tidak akan bisa kita lihat hasilnya,” ujarnya.

Pemerintah mendukung PSSI untuk berjalannya kompetisi karena ujungnya kompetisi adalah menghasilkan timnas, tidak hanya sekedar bergulirnya kompetisi tapi kompetisi harus bertujuan menghasilkan timnas.

“Timnas sudah ke arah yang lebih baik meski belum optimal,” jelasnya.

Hasil pertandingan persahabatan antara Timnas Indonesia vs Timor Leste di leg kedua berhasil dimenangkan timnas Indonesia 3-0. Di leg pertama Indonesia telah lebih dlu unggul 4-1 atas Timor Leste. Hasil ini membuat timnas Indonesia berada di peringkat 158 dunia.

Dari babak pertama dimulai timnas Indonesia telah menekan pertahanan Timor Leste. Hasilnya di menit keenam, Garuda Muda berhasil membobol pertahanan Timor Leste melalui tendangan Terens Owang Priska Puhiri.

Tertinggal 0-1 Timor Leste mencoba mengejar ketertinggalan, tim asuhan Paulo Da Silva ini sempat membahayakan gawang Nadeo Winata di menit ke-18. Beruntung tendangan jarak jauh dari luar kotak pinalti Rumakiek tak sempat ditepis penjaga gawang Timor Leste Junildo Manuel. Skor 2-0 bertahan untuk keunggulan timnas Indonesia hingga babak pertama berakhir.

Dibabak kedua timnas Garuda berhasil menambah satu gol melalui Ricki Kambuaya dimenit ke-71. Hasil akhir 3-0 untuk timnas Garuda Muda tak terkejar Timor Leste. (rmn)

Exit mobile version