Hattrick Giorgos Giakoumakis Beri Celtic Kemenangan atas Dundee

celtic

Giorgios Giakoumakis dari Celtic melakukan selebrasi dengan mencetak hattrick, menjadikannya 3-2 saat lawan Dundee. (skysports.com)

INDOPOS.CO.ID – Aksi dramatis Giorgos Giakoumakis melengkapi hattrick-nya dan memberi Celtic kemenangan 3-2 atas Dundee. Celtic memperbesar keunggulan mereka di puncak Liga Utama Skotlandia menjadi tiga poin, di Stadion Celtic Park, Minggu (20/2/2022) malam.

Kembalinya Giakoumakis mencetak dua gol dalam empat menit sebelum turun minum, hanya untuk bek Dark Blues Ryan Sweeney berhasil menyamakan kedudukan ketika pertandinga berjalan satu jam.

Namun di akhir yang penuh ketegangan, penyerang Yunani itu melepaskan tembakan kemenangan pada menit ke-86.

Permainan dimulai cukup banyak seperti yang diharapkan. Celtic menguasai bola dan tim tamu yang rajin turun untuk bertahan.

Pada menit ke-11, gelandang Hoops Matt O’Riley mengumpan pada kapten Callum McGregor dan umpannya mengenai Giakoumakis tetapi ia gagal menyambungkan bola dengan baik dan melesat melewati tiang.

Tim tamu perlahan semakin percaya diri dan ketika Paul McMullan melepaskan tendangan melengkung dari sudut kiri pertahanan, Hoops berdiri diam saat rekan penyerang Mullen menyapu bola melewati kiper Joe Hart.

Celtic yang terkejut meningkatkan tempo dan mereka menyamakan kedudukan pada menit ke-34 di tengah periode tekanan bersama.

Tendangan voli bek Carl Starfelt dari umpan silang Jota berhasil diblok dan tembakan Giakoumakis dari jarak 12 meter lebih membuat kiper Dundee, Ian Lawlor, tidak berdaya.

Empat menit kemudian, penyerang Yunani itu siap untuk menjatuhkan bola melewati garis dari jarak dekat setelah Lawlor melepaskan umpan silang dari Daizen Maeda, yang gagal dari beberapa meter beberapa saat sebelumnya.

Hoops kemudian mengajukan banding untuk penalti karena blok pada Giakoumakis oleh Vontae Daley-Campbell tetapi wasit Gavin Duncan bergeming.

Babak kedua menjanjikan lebih banyak energi pada Celtic. Maeda gagal terhubung dengan umpan silang Jota dari beberapa meter di awal babak kedua, sebelum McGregor melepaskan tembakan di atas mistar dari jarak 14 meter lebih.

Jota menguasai bola di gawang dengan tendangan voli yang luar biasa dari jarak 10 meter tepat sebelum tanda satu jam, tetapi bendera offside sudah dikibarkan.

Tampaknya hanya masalah waktu sebelum tim tuan rumah meningkatkan keunggulan mereka, tetapi Dundee mengejutkan Celtic Park untuk kedua kalinya ketika tendangan bebas dari pemain pengganti dan mantan pemain sayap Hoops Niall McGinn disambut oleh Sweeney yang menyundul bola melewatinya.

Di tengah ketegangan yang meningkat, Celtic mengerahkan segala tenaga dan akhirnya mendapatkan kemenangan pada menit ke-86 ketika Giakoumakis melepaskan tembakan hasil umpan silang dari Anthony Ralston. Bola melewati Lawlor dari jarak dekat dan kali ini tim tamu tidak bisa berkutik. (dam)

Exit mobile version