Jesse Marsch Ditunjuk sebagai Pelatih Leeds United Gantikan Marcelo Bielsa

Jesse Marsch

Pelatih Leeds United yang baru Jesse Marsch.

INDOPOS.CO.ID – Leeds United telah menunjuk mantan bos RB Leipzig Jesse Marsch sebagai pelatih yang baru.

Pria 48 tahun itu telah menandatangani kontrak di klub Elland Road itu hingga Juni 2025

Marsch, yang juga melatih New York Red Bulls dan Red Bull Salzburg, meninggalkan klub Jerman itu pada Desember tahun lalu setelah lima bulan bekerja.

Pelatih asal Amerika itu akan menggantikan pelatih Argentina Marcelo Bielsa, yang dipecat pada Minggu, (27/2/2022).

Leeds saat ini beradadi urutan ke-16 di tabel Liga Premier, dua poin di atas zona degradasi, setelah serangkaian kekalahan yang mereka alami dalam pertandingan.

“Ini adalah sesuatu yang membuat saya sangat bersemangat. Saya tahu apa itu klub besar Leeds, saya tahu mantan pemain yang pernah bermain di sini dan saya telah menyaksikan klub ini dari jauh selama bertahun-tahun dan saya benar-benar merasa terhormat dan bersemangat untuk berada di sini,” kata Marsch seperti dilansir Sky News, Selasa (1/3/2022).

Dia menambahkan, Bielsa telah membantu mengubah Leeds United menjadi tim Liga Premier cukup menakjubkan.

“Bagi saya, saya hanya ingin membantu membawa obor ke fase berikutnya. Segala sesuatu yang telah dilakukan telah meletakkan fondasi yang luar biasa, dan saya datang pada saat ini, saya ingin melakukan semua yang saya bisa untuk membawa klub ke tahap berikutnya,” ujarnya.

Direktur Sepak Bola Leeds United Victor Orta mengatakan, pihaknya senang menyambut Jesse ke klub dan berharap semangat memimpin Leeds ke babak baru.

“Jesse adalah seseorang yang kami identifikasi beberapa tahun yang lalu selama waktunya di Red Bull Salzburg dan kami percaya filosofi dan gaya sepak bolanya sejalan dengan klub dan akan sangat cocok untuk para pemain. Kami memiliki rencana jangka panjang dan sangat yakin dia dapat membawa Leeds United ke level berikutnya dan bersemangat untuk apa yang akan terjadi di masa depan,” kata Victor.

Setelah meninggalkan klub Major League Soccer New York Red Bulls pada 2018, Marsch pertama kali bergabung dengan RB Leipzig sebagai asisten Ralf Rangnick sebelum ditunjuk di RB Salzburg pada Juni 2019.

Dia menikmati kesuksesan di Salzburg memenangkan liga dan piala ganda di musim pertamanya.

Dia juga menjadi bagian dari pengembangan striker Erling Braut Haaland sebelum striker Norwegia itu bergabung dengan Borussia Dortmund pada 2019.

Dia kemudian kembali ke Leipzig pada April tahun lalu, kali ini sebagai pelatih kepala, menggantikan Julian Nagelsmann yang pergi untuk melatih Bayern Munich.

Mantan pelatih Swansea U-23 Cameron Toshack, putra mantan manajer Wales dan Real Madrid John, diperkirakan ditunjuk sebagai asisten Marsch.

Kepala Eksekutif Leeds United Angus Kinnear mengatakan, pihaknya sangat senang karena dengan cepat mendapatkan layanan dari pelatih kepala (Jesse) yang merupakan  pilihan pertama Leeds.

“Sementara tujuan jangka pendek untuk Jesse jelas, kami percaya dia memiliki keberanian dan ambisi untuk membangun fondasi kuat yang telah kami ciptakan selama empat tahun terakhir dan meningkatkan kinerja klub dalam jangka panjang. Dia memiliki banyak kesuksesan dengan New York Red Bulls dan Red Bull Salzburg dan telah menunjukkan selama banyak pertemuan dengan kami bahwa dia sangat cocok dengan budaya sepak bola Leeds United,” ujar Angus Kinnear. (dam)

Exit mobile version