Play-Off Piala Dunia Skotlandia vs Ukraina Ditunda

Playoff Piala Dunia

Logo tim Skotlandia dan Ukraina.

INDOPOS.CO.ID – Ukraina telah meminta FIFA dan UEFA untuk menunda play-off Piala Dunia mereka dengan Skotlandia hingga Juni karena invasi Rusia. Pertandingan seharusnya dilakukan di Hampden Park pada 24 Maret 2022.

FIFA telah mengabulkan permintaan tersebut, tetapi pertandingan Wales vs Austria akan tetap dimainkan bulan ini.

FIFA telah mengumumkan penundaan pertandingan play-off Piala Dunia Skotlandia melawan Ukraina, yang dijadwalkan pada 24 Maret.

FIFA juga telah mengkonfirmasi play-off Wales dengan Austria di Cardiff akan berjalan sesuai rencana pada 24 Maret.

Badan sepak bola dunia itu telah menyampaikan kepala eksekutif Asosiasi Sepak Bola Skotlandia, Ukraina, Wales dan Austria pada Senin (7/3/2022), pertandingan Skotlandia-Ukraina akan dipindahkan ke Juni.

Semifinal play-off akan dimainkan di Hampden Park pada 24 Maret, dengan pemenang akan menghadapi Austria atau Wales di Cardiff untuk memperebutkan satu tempat di Piala Dunia tahun ini di Qatar.

Tapi sekarang pertandingan itu telah ditunda karena invasi yang sedang berlangsung ke Ukraina oleh militer Rusia.

“Pada 3 Maret 2022, Asosiasi Sepak Bola Ukraina menulis kepada FIFA meminta agar pertandingan kualifikasinya dijadwalkan ulang karena ketidakmungkinan mengatur perjalanan dan pelatihan tim dalam keadaan saat ini. Menyusul konsultasi dengan UEFA dan empat asosiasi anggota yang berpartisipasi di jalur A play-off kualifikasi Eropa, dengan suara bulat disepakati dalam semangat solidaritas untuk menerima permintaan ini,” kata FIFA dalam pernyataan tertulis seperti dilansir, Sky Sports, Rabu (9/3/2022).

Pertandingan antara Skotlandia dan Ukraina, yang semula dijadwalkan pada 24 Maret 2022, sekarang akan ditunda ke Juni yang ada, dan akibatnya, pertandingan antara pemenang Skotlandia vs Ukraina dan Wales vs Austria juga akan ditunda.

Selanjutnya, kata FIFA, disepakati pertandingan antara Wales dan Austria akan tetap sesuai jadwal pada 24 Maret 2022, karena kebutuhan untuk membatasi gangguan pada pertandingan kompetitif yang sudah dijadwalkan untuk jendela Juni dalam kalender yang sudah padat.

Pertandingan alternatif untuk tim yang terkena dampak di jendela Maret sedang dieksplorasi oleh pihak-pihak terkait. Demikian pula, rincian jadwal ulang akan diumumkan pada waktunya dan jendela kalender pertandingan internasional Juni akan disesuaikan seperlunya untuk tim yang bersangkutan. rincian ini telah diselesaikan.

Dalam pernyataannya sendiri, FA Skotlandia memberikan dukungannya terhadap keputusan FIFA.

“FA Skotlandia mencatat keputusan panitia penyelenggara FIFA untuk menunda semifinal play-off Piala Dunia FIFA melawan Ukraina, yang semula dijadwalkan berlangsung pada 24 Maret, ditunda ke Juni,” bunyi pernyataan itu.

“Mengingat situasi saat ini di Ukraina, kami mendukung keputusan untuk menunda pertandingan dan menegaskan kembali pesan solidaritas kami kepada teman dan kolega kami di dalam Asosiasi Sepak Bola Ukraina,” tambah FA Skotlandia.

Skotlandia menunggu konfirmasi dari UEFA tentang jadwal pertandingan yang diubah, termasuk pertandingan Liga Bangsa-Bangsa UEFA yang dipindahkan.

“Sementara itu, kami sedang dalam diskusi untuk mengatur jadwal pengganti pada 24 Maret dan akan mengabarkan kepada pendukung segera setelah kami memiliki informasi lebih lanjut. Kami juga dapat mengonfirmasi dengan pertandingan semifinal play-off antara Wales vs Austria berlangsung pada Maret, pertandingan persahabatan tandang melawan tim yang kalah akan berlangsung pada 29 Maret,” kata FA Skotlandia.

Asosiasi Sepak Bola Wales (FAW) mendukung keputusan FIFA dalam masalah ini dan menyatakan solidaritas dengan Ukraina serta mengulangi kecamannya atas penggunaan kekuatan dan kekejaman yang dilakukan oleh Rusia.

Selain itu, FIFA telah memberikan Polandia ke final jalur B setelah membuang Rusia dari turnamen sebagai sanksi atas invasi tersebut.

Polandia akan menghadapi Swedia atau Republik Ceko untuk memperebutkan satu tempat di putaran final di Qatar musim dingin ini.(dam)

Exit mobile version