Gol Tunggal Diogo Jota Antar Liverpool ke Semifinal Lawan Man City

Diogo Jota

Diogo Jota mencetak gol kemenangan Liverpool di The City Ground. (skysports.com)

INDOPOS.CO.ID – Diogo Jota mencetak gol tunggal mematahkan perlawanan keras Nottingham Forest saat Liverpool menyiapkan semifinal Piala FA melawan Manchester City dengan kemenangan 1-0 di The City Ground, Senin (21/3/2022) dini hari WIB.

Nottingham Forest membuat empat pergantian pemain dari tim yang sebelumnya bersua Huddersfield. Lalu Liverpool mengganti lima pemain dari tim yang terakhir berduel melawan Norwich City.

Liverpool berusaha menekan seperti biasanya sejak awal. Namun Nottingham Forest bereaksi dengan langsung melakukan pressing ketat.

Forest sempat sedikit menguasai bola di tengah laga. Namun kemudian kendali bisa direbut Liverpool lagi.

Menit ke-43, Gomez melepas tembakan keras dari dalam kotak penalti. Ia menyambar bola umpan Elliott. Namun bola sepakannya masih melambung dari gawang Forest.

Di babak kedua, Nottingham Forest membuka laga dengan apik. Mereka mendapat peluang emas melalui Keinan Davis. Ia lolos ke kotak penalti dan tinggal berhadapan dengan Alisson. Tapi ia akhirnya gagal melewati kiper Brasil tersebut.

Menit ke-52, giliran Liverpool yang mendapat peluang emas dari Jota. Ia melepas sepakan melengkung dari ujung kotak penalti usai mendapat umpan dari Keita. Sayang sepakannya lemah dan bola bisa diantisipasi kiper dengan mudah.

Liverpool kemudian terus menekan pertahanan Forest. Namun sang tuan rumah malah mendapat peluang emas pada menit ke-76. Dari serangan balik, Zinckernagel berhasil melepas tendangan kaki kiri. Namun bola masih melipir tipis ke samping kiri gawang Alisson.

Menit ke-78, Liverpool menghukum Forest yang tak memaksimalkan peluang yang didapatnya. Mereka malah bisa mencetak gol melalui Diogo Jota, memaksimalkan umpan Tsimikas. Sempat ada pemeriksaan VAR, namun gol tetap disahkan karena Jota diklaim tak berada dalam posisi offside.

Menit ke-86, insiden terjadi di kotak penalti Liverpool. Alisson berusaha menghalangi laju Yates. Sang lawan kemudian terjatuh dan Forest meminta penalti. Namun VAR menyatakan tak ada pelanggaran yang dilakukan oleh sang kiper The Reds.

Dua menit kemudian, Forest mendapat peluang emas lagi. Kali ini melalui tandukan Yates di tengah kotak penalti. Ia menanduk bola hasil umpan silang dari kanan dengan bebas. Tapi bola melaju dengan lemah dan mengarah tepat ke pelukan Alisson.

Pada akhirnya sampai laga berakhir tak ada gol tambahan tercipta. Nottingham Forest dipaksa takluk 0-1 oleh Liverpool. The Reds pun melaju ke semifinal dan akan berduel melawan Manchester City.

Jurgen Klopp tidak terkejut setelah Liverpool menepis tantangan rumit dari tim Forest yang percaya diri. Ia memberi apresiasi kualitas yang ditunjukkan tim Championship dalam menjalankan timnya.

“Mereka memainkan permainan yang sangat bagus,” kata Klopp seperti dilansir Sky Sports, Senin (22/3/2022).

“Mereka berjuang, menutup celah, kami seharusnya bermain lebih baik tetapi mereka membuatnya sangat sulit. Pada akhirnya kami lolos, dan saya sangat senang dengan itu,” tambah Klopp. (dam)

Exit mobile version