Dua Gol Bruno Fernandes Pastikan Portugal Lolos ke Piala Dunia

Bruno Fernandes

Bruno Fernandes melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Makedonia Utara. Foto: skysports.com

INDOPOS.CO.ID – Bruno Fernandes mencetak dua gol saat Portugal memastikan tempat mereka di putaran final Piala Dunia keenam berturut-turut dengan kemenangan 2-0 atas Makedonia Utara di Porto, dalam duel final Play-off Jalur C kualifikasi zona Eropa, Rabu (30/3/2022) WIB.

Fernandes mengakhiri perlawanan tim tamu dengan gol pembuka pada menit ke-32 setelah dimainkan dengan keterampilan apik Cristiano Ronaldo.

Sejak saat itu ada sedikit bahaya dari Makedonia Utara mengulangi heroik yang mereka lakukan ketika membuang Italia keluar dari play-off dengan pemenang akhir yang dramatis di Palermo minggu lalu.

Fernandes memastikan perjalanan timnya ke Qatar pada menit ke-65 ketika ia menyelesaikan serangan balik kilat dengan mengecoh bola melewati kiper Stole Dimitrievski.

Sementara itu, Polandia bergabung dengan Portugal di Qatar setelah mengamankan kemenangan 2-0 atas Swedia di Chorzow.

Polandia, yang mendapat bye ke babak kualifikasi terakhir setelah diusirnya Rusia, memimpin melalui penalti Robert Lewandowski pada menit ke-49 sebelum upaya pada menit ke-74 dari Piotr Zielinski memastikan kemenangan.

Pada akhir Maret, kita akan mengetahui 28 dari 32 peserta di Piala Dunia musim dingin pertama. Tiga tempat terakhir akan ditentukan dalam playoff antarbenua pada Juni serta final playoff Eropa yang ditunda karena krisis Ukraina-Rusia.

Pengundian untuk turnamen berlangsung pada Jumat 1 April 2022, di venue DECC di Doha, Qatar sekitar pukul 5 sore British Summer Time (BST).

Ke-32 negara yang terlibat dalam Piala Dunia 2022 akan diundi ke dalam delapan grup yang berisi empat.

Negara tuan rumah Qatar akan berada di posisi satu Grup A. Negara-negara lain akan dibagi menjadi empat pot berdasarkan peringkat FIFA dengan tim-tim berperingkat teratas bergabung dengan Qatar di pot satu.

Setiap kelompok tidak boleh memiliki lebih dari satu negara dari konfederasi mana pun, kecuali Eropa yang tidak boleh memiliki lebih dari dua negara dalam satu kelompok.

Skotlandia akan menjadi unggulan teratas, bersama dengan Wales.

FIFA telah mengungkapkan tiga tim yang masih memiliki peluang untuk lolos melalui jalur play-off pada saat pengundian akan diperlakukan sebagai satu peserta, dan ditempatkan di pot empat dengan negara-negara dengan peringkat terendah.

Unggulan dari negara lain yang dipastikan lolos pada saat pengundian akan ditentukan oleh peringkat FIFA yang akan dipublikasikan pada 31 Maret.

Pot unggulan teratas akan menampilkan tujuh tim berperingkat tertinggi yang terlibat, ditambah tuan rumah Qatar. Inggris saat ini berada di peringkat kelima dunia, dengan hanya Belgia, Brasil, Prancis, dan Argentina di atas mereka.

Itu berarti Inggris dapat berada di grup yang sama dengan Jerman, yang saat ini berada di peringkat 11 dan karena itu berada di antara pot unggulan kedua.(dam)

Exit mobile version