Harry Maguire Dicemooh Pendukung Inggris, Gareth Southgate Meradang

Harry Maguire

Pesepekboal Harry Maguire mendapat cemoohan dari penonton Inggris. Foto: skysports.com

INDOPOS.CO.ID – Pelatih tim nasional Inggris Gareth Southgate mengecam pendukung Inggris yang mencemooh Harry Maguire sebelum menang atas Pantai Gading.

Raheem Sterling mencetak satu gol dan memberikan assist untuk Ollie Watkins sebelum Tyrone Mings menyundul bola dengan sentuhan terakhir saat Inggris menaklukkan 10 pemain Pantai Gading 3-0 di Wembley, Rabu (30/3/2022).

Namun, ada insiden sebelum kick-off ketika nama Maguire dicemooh oleh pendukung Inggris saat dibacakan.

Kapten Manchester United itu sedang menjalani musim yang sulit dengan klubnya, tetapi Southgate menyebut pelecehan untuk pemain yang telah membantu Inggris ke semifinal Piala Dunia dan final Kejuaraan Eropa itu sebagai “lelucon.”

“Saya pikir itu lelucon. Benar-benar lelucon. Apa yang dia lakukan untuk kami dan cara dia tampil untuk Inggris sangat fenomenal. Saya tidak mengerti, kenapa pendukung Inggris mencemoohnya,” kata Southgate kepada Sky Sports, Rabu (30/3/2022).

“Dia mengenakan seragam Inggris dan Anda tidak hanya harus mendukung seseorang dengan seragam Inggris, tetapi ketika dia bermain di level yang dia miliki, itu harus menjadi komitmen total di belakangnya. Jadi, saya tidak mengerti,” tambah Southgate.

“Dia cukup sempurna. Dia menciptakan gol pertama dan terlibat dalam gol kedua. Tim ini benar-benar bersatu. Kami menyadari orang-orang memiliki saat-saat sulit tetapi dia pemain top dan akan melewatinya. Mereka adalah penggemar Inggris sejati. Dan beberapa dipengaruhi oleh apa pun, saya tidak tahu apakah itu media sosial atau pemain yang telah bermain sebelumnya yang memengaruhi opini mereka. Jelas situasi klubnya sulit tetapi dia mengenakan seragam Inggris,” kata Southgate.

“Saya ingat beberapa dekade yang lalu ketika beberapa pemain dicemooh dengan seragam Inggris, itu tidak pernah diterima. Saya tidak pernah mendapatkannya. Mengapa orang bermain lebih baik? Fans harus selalu mendukung tim mereka,” tutur Southgate.

Nama Maguire dinyanyikan selama pertandingan oleh para pendukung Inggris. Southgate menegaskan Inggris akan membutuhkan Maguire dalam kondisi terbaiknya jika ingin bermain baik di Qatar.

“Kami membutuhkan Harry Maguire bermain bagus bahkan untuk memiliki peluang bermain bagus. Kami tidak akan memenangkan Piala Dunia dengan pemain dengan tiga atau empat caps. Itu tidak terjadi dalam sejarah permainan. Kami membutuhkan pemain berpengalaman. Menurut pendapat saya, dia bek tengah terbaik di klubnya juga. Ini menggelikan,” katanya.

Sentimen itu diamini oleh rekan setim Maguire, Jack Grealish, yang mengatakan timnya tidak menyukai cemooh dari para pendukung Inggris tersebut.

“Secara pribadi saya pikir itu konyol. Bahkan malam ini dia brilian,” kata Grealish.(dam)

Exit mobile version