Cristiano Ronaldo Cetak 100 Gol untuk Manchester United Selama di Premier League

ronaldo

Cristiano Ronaldo. Foto: skysports.com

INDOPOS.CO.ID – Cristiano Ronaldo telah mencetak 100 gol dalam 223 penampilan untuk Manchester United (MU) di Premier League. Selain 100 gol, pemain Portugal itu juga telah mengukir 37 assist.

Ronaldo mencetak 84 gol di Premier League pada periode pertamanya memperkuat MU (2003-2009).

Musim ini, musim pertamanya setelah kembali berseragam MU, dia sudah mencetak 16 gol liga dalam 27 penampilan.

Ronaldo pun menjadi pemain ke-4 yang pernah mencetak minimal 100 gol untuk MU di Premier League.

Tiga pemain sebelum dia adalah Wayne Rooney (183), Ryan Giggs (109), dan Paul Scholes (107), yang semuanya sudah pensiun.

Rooney sendiri mencetak total 208 gol selama berkarier di Premier League, hanya kalah dari Alan Shearer (260). Mantan striker Inggris itu mencetak 183 gol untuk MU dan 25 gol untuk Everton.

Cristiano Ronaldo mencetak gol ke-100 di Premier League yang terkenal dengan gol luhur dalam kekalahan 3-1 Manchester United dari Arsenal pada hari Sabtu, hanya beberapa hari setelah mengumumkan berita tragis bahwa putranya yang baru lahir telah meninggal.

Sejumlah kalangan meragukan apakah pemain berusia 37 tahun itu akan mencapai tonggak sejarah, dengan spekulasi yang berkembang seputar masa depannya di Old Trafford setelah kampanye yang bergejolak di klub menyusul kembalinya dia secara sensasional di musim panas.

Tetapi pemain internasional Portugal itu biasanya membalas kritik, dengan hattrick melawan Tottenham menyusul kontroversi atas ketidakhadirannya dari skuat minggu sebelumnya, dan kemudian mencetak hattrick lain melewati Norwich sebulan kemudian sebelum mencapai usia seabad.

Ronaldo mencetak 100 gol berasal dari 223 penampilan Premier League setara dengan rasio hampir satu gol setiap dua pertandingan. Mayoritas (84) dari gol-gol itu datang selama Ronaldo bermain di posisi sayap, setelah pindah ke posisi sentral reguler selama waktunya di Real Madrid.

Ikon global itu kini telah mencetak 16 gol liga musim ini, hampir dua kali lipat jumlah rekan setimnya musim ini, dan tertinggal enam gol dari Mohamed Salah di daftar pencetak gol Premier League.

Faktanya, Ronaldo sekarang rata-rata mencetak hampir 0,6 gol per penampilan, rata-rata musiman yang hanya pernah ia capai sekali di Premier League dengan 0,9 selama 2007/2008.

Striker ikonik itu mencetak hattrick ke-60 sepanjang karirnya dalam kemenangan 3-2 atas Norwich awal bulan ini, setelah juga mencetak hattrick kemenangan hanya satu bulan sebelumnya dalam kemenangan melawan Tottenham .

Ronaldo telah mencetak 44 hattrick untuk Real Madrid, 10 untuk Portugal, tiga untuk United dan tiga untuk Juventus. Dalam hal tahun kalender, pencapaian terbesarnya datang tak lama setelah pindah ke Spanyol pada 2011 ketika ia mencetak sembilan gol, mencetak delapan gol pada 2013 dan 2015 sebelum mengonversi tujuh gol pada 2016.

Tidak mengherankan, lebih dari setengah dari hattricknya dicetak di La Liga, selama masa sembilan tahunnya di Madrid, mencetak delapan gol lagi di kualifikasi Liga Champions dan Piala Dunia dan Kejuaraan Eropa.

Pemain berusia 37 tahun itu kini telah menghabiskan tujuh tahun di papan atas Inggris, tetapi hanya mengumpulkan tiga hattrick di divisi tersebut, dengan dua di antaranya terjadi dalam sebulan terakhir.

Sejumlah tim La Liga berada di antara lawan favoritnya, mengalahkan Sevilla lima kali di semua kompetisi, empat melawan Atletico Madrid dan tiga lagi melawan Celta Vigo, Espanyol dan Getafe. Ronaldo juga telah mencetak dua hattrick ke gawang Lithuania untuk Portugal.

Sembilan dari 60 hattricknya ‘sempurna’, didefinisikan sebagai treble yang diselesaikan dengan tendangan dan sundulan. Namun, bisa dibilang, statistik yang paling mengejutkan adalah ia telah mencetak tepat setengah dari hattricknya sejak berusia 30 tahun. (dam)

Exit mobile version