Orang Terkaya Inggris Ajukan Penawaran untuk Membeli Chelsea

Chelsea

Konsorsium yang dipimpin keluarga Ricketts menarik tawarannya karena kelompok itu gagal mencapai kesepakatan. Foto: skysports.com

INDOPOS.CO.ID – Konsorsium Todd Boehly disebut-sebut sebagai penawar pilihan untuk membeli Chelsea.

Hal itu muncul pada hari Jumat ketika Jim Ratcliffe, orang terkaya Inggris, mengajukan penawaran pada menit terakhir £ 4,25 miliar untuk membeli klub London barat tersebut. Ini merupakan penawaran yang terbesar yang pernah ada. Menurut laporan tersebut, nantinya angka tersebut akan dipisah menjadi dua bagian yang berbeda.

Uang senilai £ 2,5 miliar dialokasikan untuk lembaga-lembaga yang bergerak untuk membantu para korban perang. Sementara £ 1,75 miliar akan digunakan untuk investasi klub selama 10 tahun ke depan.

Chelsea telah menolak penawaran dari konsorsium yang dipimpin oleh Stephen Pagliuca, pemilik bagian dari NBA Boston Celtics dan Atalanta Serie A.

Sebagaimana dilansir Sky Sports, Sabtu (30/4/2022), perkembangan terakhir ini merupakan pukulan bagi kelompok lain yang tersisa dalam penawaran, dipimpin oleh Martin Broughton, mantan ketua Liverpool dan British Airways, yang termasuk pemegang saham Crystal Palace Dave Blitzer dan Josh Harris.

Chelsea berharap pemilik baru akan terwujud pada akhir Mei. Roman Abramovich memutuskan Chelsea untuk dijual pada 2 Maret, di tengah invasi lanjutan Rusia ke Ukraina.

Pria berusia 55 tahun itu kemudian diberi sanksi oleh Pemerintah Inggris pada 10 Maret, dengan Downing Street mengklaim telah membuktikan hubungan antara miliarder Rusia-Israel itu dan Vladimir Putin.

Abramovich telah memiliki Chelsea selama 19 tahun, dan telah meraih 21 trofi.

Pihak Ratcliffe ingin menghabiskan £ 1,75 miliar untuk membangun ulang Chelsea.

Yang pertama adalah uang itu akan digunakan untuk merenovasi Stamford Bridge. Mereka menjanjikan markas Chelsea itu akan dipugar menjadi stadion yang lebih modern.

Selain itu sisa uangnya akan digunakan untuk berinvestasi untuk membeli pemain-pemain terbaik agar Chelsea tetap kompetitif di Inggris maupun di Eropa.

Meski tawarannya sudah sangat besar, namun tawaran Ratcliffe ini masih berada di bawah apa yang diharapkan Abramovich.

Miliarder asal Rusia itu dikabarkan ingin Chelsea dibeli dengan angka £ 5 miliar di musim panas ini. (dam)

Exit mobile version