Kalahkan Newcastle 1-0, Liverpool Sempat Unggul Dua Poin dari City

Naby Keita

Pemain Naby Keita mencetak gol pertamanya untuk Liverpool. Foto: skysports.com

INDOPOS.CO.ID – Liverpool melanjutkan pengejaran untuk memenangkan empat piala bersejarah dengan kemenangan tipis 1-0 atas Newcastle di St. James Park, Sabtu (30/4/2022) malam.

Tiga hari setelah kemenangan 2-0 mereka atas Villarreal di leg pertama semifinal Liga Champions, The Reds sempat unggul dua poin dari Manchester City. Namun City kembali ke puncak klasemen Premier League setelah membantai Leeds 4-0. Man City unggul satu poin dari Liverpool.

Gol pada babak pertama Naby Keita memastikan kemenangan tipis 1-0 untuk Liverpool melawan Newcastle.

Liverpool menurunkan tim yang banyak berubah ketika Jurgen Klopp mengistirahatkan Mohamed Salah, Trent Alexander-Arnold, Fabinho dan Thiago Alcantara tetapi masih berhasil mendominasi penguasaan bola dan membatasi tuan rumah pada beberapa peluang.

Namun, mereka tidak mampu memperbesar keunggulan mereka. Sadio Mane nyaris mencetak gol ketika dia melepaskan tembakan melebar di babak kedua dan Jota, Luis Diaz dan pemain pengganti Salah juga menyia-nyiakan peluang.

Newcastle sesekali mengancam untuk menyamakan kedudukan saat turun minum, tetapi pasukan Klopp bertahan untuk menjadikannya tiga kemenangan beruntun di Liga Premier dan menjaga tekanan pada City saat perburuan gelar yang mendebarkan berlanjut.

Klopp lebih dari puas dengan tampilan terkontrol setelah kemenangan Rabu malam atas Villarreal di Anfield.

“Ini sangat sulit bagi anak-anak hari ini, sejujurnya, itu jelas. Kami bermain dua setengah hari yang lalu. Datang ke sini, tim dalam performa terbaik, enam kemenangan kandang, cuaca bagus, semuanya. Dalam suasana hati yang baik, hampir semuanya dipersiapkan untuk kemenangan kandang lainnya,” kata Jurgen Klopp seperti dilansir Sky Sports, Minggu (1/5/2022).

Liverpool harus berjuang keras untuk mendapatkan tiga poin dari markas Newcastle United. Dari 24 tembakan yang dilancarkan oleh Liverpool hanya satu yang membuahkan gol.

Pertandingan baru berjalan selama 19 menit. Diogo Jota membuka peluang dengan memberikan assist bagi Liverpool.

Permainan satu-dua dengan Diogo Jota membuat Naby Keita bisa melakukan penetrasi ke kotak penalti, dan melewati Martin Dubrava untuk menjebol gawang Newcastle.

Liverpool menegaskan dominasinya terhadap sang tuan rumah di babak kedua. Tetapi, mereka kesulitan memanfaatkan peluang-peluang yang tercipta.

Sadio Mane melewatkan peluang emas dibabak kedua. Umpan dari Joe Gomez hanya perlu dibelokkan pemain asal Senegal itu ke gawang. Namun sepakannya justru membuat bola melebar dari sasaran.

Mo Salah juga menyia-nyiakan peluang pada menit ke-72. Disusul oleh Jota satu menit kemudian yang tembakannya masih bisa dimentahkan oleh Dubravka. (dam)

Exit mobile version