Kalahkan Rangers, Frankfurt Juara Liga Eropa

Filip Kostic

Filip Kostic dari Frankfurt (kiri) berebut bola dengan James Tavernier dari Rangers. Foto: skysports.com

INDOPOS.CO.ID – Eintracht Frankfurt keluar sebagai juara Liga Europa setelah berhasil mengalahkan Glasgow Rangers di babak final Liga Europa yang digelar di Ramon Sanchez Pizjuan, Kamis (19/5/2022) dini hari WIB. Pertandingan kedua partai puncak ini berakhir dengan skor imbang 1-1, Frankfurt menang melalui adu penalti.

Sejak awal pertandingan kedua tim sama-sama menampilkan permainan terbaiknya. Selama 10 menit pertama, masing-masing tim menerapkan permainan apik sehingga tidak banyak peluang emas tercipta pada awal pertandingan.

Frankfurt sempat mendapatkan peluang emas pada menit ke-20 dari aksi Ansgar Knauff. Tembakannya mengarah ke pojok kanan bawah gawang, tetapi bisa dihentikan Allan McGregor.

Peluang yang sama diperoleh pemain Rangers Borna Barisic pada menit ke-37. Ia mengirimkan umpan silang berbahaya yang menuju ke arah Jesper Lindstrom tetapi Trapp mampu menghentikan.

Upaya kedua tim untuk membobol gawang lawan tidak membuahkan hasil maksimal. Frankfurt dan Rangers mengakhiri babak pertama dengan kedudukan imbang tanpa gol.

Selanjutnya pada babak kedua ada beberapa peluang yang tercipta di lima menit pertama, namun tidak menghasilkan gol.

Gol baru tercipta pada menit ke-57 lewat pemain Rangers Joe Aribo. Kesalahan Djibril Sow yang menyundul bola ke arah gawang sendiri dikapitulasi dengan baik oleh Joe Aribo.

Wasit harus berdiskusi dengan tim VAR ketika pemain Frankfurt melakukan protes pada menit ke-60, tepatnya setelah tembakan Lindstrom dihalangi Calvin Bassey. Bassey diyakini melakukan handsball, tapi tayangan ulang menunjukkan bola mengenai dada Bassey.

Gol balasan dari Frankfurt baru tercipta pada menit ke-69. Rafael Borre menemukan celah di antara bek Rangers ketika Filip Kostic mengirim umpan silang mendatar, dan sukses membelokkan bola ke gawang.

Permainan berakhir dengan kedudukan imbang 1-1. Memasuki extra time, pemain kedua tim tampak kelelahan.

Intensitas meningkat menjelang akhir babak kedua extra time. Kevin Trapp sampai harus melakukan aksi penyelamatan dua kali, di mana yang pertama dirinya menghentikan tembakan jarak jauh Ryan Kent.

Paling krusial adalah kala Trapp berhasil menghentikan peluang dari Kent pada menit ke-118. Kent menerima umpan dari Kemar Roofe dengan baik, tetapi bola gagal masuk ke gawang karena bisa dihentikan oleh Trapp.

Skor 1-1 bertahan hingga akhir babak extra time sehingga pemenang harus ditentukan lewat adu penalti. Frankfurt akhirnya keluar sebagai pemenang setelah memasukkan bola ke gawang Rangers sebanyak 5 gol. Skor akhir drama adul penalti 5-4 untuk kemenangan Frankfurt. (dam)

Exit mobile version