Dewan Liga Premier Setujui Ambil Alih Chelsea oleh Konsorsium Todd Boehly

chelsea

Ilustrasi. Foto: skysports.com

INDOPOS.CO.ID – Pemerintah Inggris telah menerima jaminan hukum bahwa Roman Abramovich pemilik Chelsea tidak akan mendapat keuntungan dari penjualan Chelsea senilai £4,25 miliar. Uang itu akan disimpan di rekening bank yang dibekukan. Kesepakatan itu akan mengakhiri kepemilikan Abramovich selama 19 tahun di Chelsea.

Dewan Liga Premier telah menyetujui usulan pengambilalihan Chelsea oleh konsorsium Todd Boehly/Clearlake. Semua mata sekarang tertuju pada pemerintah untuk mendorong penjualan.

Pemerintah diperkirakan akan menyetujui pengambilalihan Chelsea pada minggu depan setelah menerima jaminan hukum bahwa Roman Abramovich tidak akan mendapatkan keuntungan dari penjualan Chelsea yang berarti bahwa mereka dapat menyetujui kesepakatan £ 4,25 miliar.

“Dewan telah menerapkan Uji Pemilik dan Direktur atau Premier League’s Owners’ and Directors’ Test (OADT) Liga Premier kepada semua calon direktur, dan melakukan uji tuntas yang diperlukan,” kata Dewan Liga Premier seperti dikutip Sky Sports, Rabu (25/5/2022).

“Anggota Konsorsium yang membeli klub adalah afiliasi dari Clearlake Capital Group, LP, Todd Boehly, Hansjorg Wyss dan Mark Walter. Chelsea FC sekarang akan bekerja dengan pemerintah terkait untuk mendapatkan lisensi yang diperlukan untuk menyelesaikan pengambilalihan,” tambah Dewan Liga Premier.

Uang hasil penjualan Chelsea akan masuk ke rekening bank yang dibekukan yang dikendalikan oleh pemerintah.

Abramovich juga disetujui oleh Uni Eropa dan, karena Abramovich memiliki paspor Portugis, penjualannya harus disetujui oleh otoritas Portugis.

Pejabat Inggris melanjutkan diskusi intens dengan Komisi Eropa dan rekan-rekan Portugis dalam upaya untuk menyelesaikan penjualan Chelsea secepat mungkin, namun karena kompleksitas dan sifat birokrasi dari kesepakatan membuat prosesnya bisa melambat.

“Kami bekerja sama dengan Chelsea untuk memajukan penjualan. Kami mengadakan diskusi intensif dengan mitra internasional terkait untuk mendapatkan persetujuan yang diperlukan. Kami ingin menyelesaikan proses ini sesegera mungkin sambil memastikan rezim sanksi dilindungi, tetapi kami akan mengatakan lebih banyak tentang ini sesegera mungkin,” kata juru bicara resmi Perdana Menteri Inggris.

Kesepakatan itu akan mengakhiri 19 tahun kepemilikan Abramovich atas Chelsea, di mana klub telah memenangkan 21 trofi termasuk lima gelar Liga Premier dan dua Liga Champions.

Boehly, salah satu pemilik tim bisbol LA Dodgers, dan sesama anggota konsorsium Hansjörg Wyss berada di Stamford Bridge untuk kemenangan 2-1 terakhir hari Minggu atas Watford .

Hal ini akan menjadi dorongan bagi tim Thomas Tuchel karena mereka tidak dapat membeli atau menjual pemain atau menegosiasikan kontrak baru dengan pemain karena pembatasan yang dikenakan pada Abramovich atas dugaan hubungannya dengan pemimpin Rusia Vladimir Putin.

Antonio Rudiger bergabung dengan Real Madrid dengan status bebas transfer dan Andreas Christensen, kapten klub Cesar Azpilicueta dan Marcos Alonso semuanya telah dikaitkan dengan Barcelona.

Abramovich menjual Chelsea beberapa hari setelah invasi Rusia ke Ukraina pada 24 Februari.

Abramovich kemudian menjadi bagian dari delegasi yang mencoba menengahi kesepakatan damai antara Rusia dan Ukraina.

Pemerintah Inggris memberikan sanksi kepada oligarki pada 10 Maret tetapi memberi Chelsea lisensi khusus, yang berakhir pada 31 Mei untuk tetap beroperasi. (dam)

Exit mobile version