Kalahkan Skotlandia, Ukraina Lawan Wales di Final Play-off Piala Dunia 2022

timnas-ukraina

Para pemain Ukraina merayakan kemenangan mereka atas Skotlandia. Foto: skysports.com

INDOPOS.CO.ID – Skotlandia bertekuk lutut di hadapan Ukraina pada laga semifinal play-off kualifikasi Piala Dunia 2022 di Hampden Park, Kamis (2/6/2022) dini hari WIB. Ukrania berhasil melangkah ke babak final dengan skor 3-1.

Pertandingan ini sendiri seharusnya digelar pada Maret lalu berbarengan dengan laga play-off kualifikasi Piala Dunia 2022 lain. Pertandingan ditunda karena invasi Rusia ke wilayah Ukraina.

Demi menghibur warganya yang sedang kesulitan karena perang, mereka ingin memenangkan pertandingan ini dan lolos ke Piala Dunia 2022. Mengalahkan Skotlandia membuat mereka selangkah lebih dekat dengan targetnya. Ukraina akan berhadapan dengan Wales di final play-off Piala Dunia 2022.

Pasukan Oleksandr Petrakov berhasil mencetak gol pertamanya pada menit ke-33 melalui aksi Andriy Yarmolenko. Ia berhasil lolos dari jebakan offside saat menerima umpan dari Ruslan Malinovskiy sebelum menaklukkan Craig Gordon.

Gol kedua Ukraina tercipta empat menit setelah kick-off babak kedua lewat aksi Roman Yaremchuk. Ia menerima umpan dari Yaremchuk dan melalui sundulannya berhasil membuat bola bersarang ke gawang Skotlandia untuk kedua kalinya.

Skotlandia berhasil memperkecil kedudukan pada menit ke-79 lewat aksi Callum McGregor. Bola sejatinya sempat disapu oleh Mykola Matvyenko. Namun wasit mensahkannya jadi gol karena bola sudah melewati garis gawang ketika ditendang Matvyenko.

Setelah berhasil memperkecil kedudukan, Skotlandia jadi lebih sering menebar ancaman. Ironinya, mereka kembali kebobolan. Artem Dovbyk mengakhiri perlawanan Skotlandia pada masa injury time dan membuat pertandingan berakhir dengan skor 3-1.

Kapten Ukraina Oleksandr Zinchenko mengatakan timnya telah bermimpi mencapai putaran final Piala Dunia dan harus menunjukkan performa terbaik mereka untuk mengalahkan Wales di final play-off.

“Semua orang tahu situasi di Ukraina dan setiap pertandingan seperti final. Kami memiliki mimpi sebagai tim untuk berada di Piala Dunia,” ujar Oleksandr Zinchenko seperti dilansir Sky Sports, Kamis (2/6/2022).

“Kami memiliki satu pertandingan lagi, satu final lagi dan kami harus memenangkannya. Jika tidak, pertandingan ini tidak akan berarti apa-apa,” katanya.

“Skotlandia adalah tim yang hebat dan memiliki pemain yang luar biasa di setiap lini. Tapi kami melakukannya dengan baik. Kami mencetak tiga gol dan seharusnya bisa mencetak lebih banyak lagi,” tambahnya.

“Laga melawan Wales akan menjadi pertandingan besar bagi kami. Kami harus menunjukkan penampilan terbaik kami dalam hidup kami dan kemudian kita lihat apa yang terjadi,” pungkasnya.

Sementara itu, Kapten Skotlandia Andy Robertson tidak bisa menyembunyikan kekecewaannya setelah mereka dikalahkan 3-1 oleh Ukraina di semifinal play-off Piala Dunia.

“Ini sangat mengecewakan karena kami sudah menunggu lama untuk pertandingan ini. Penampilan kami sebelumnya sangat bagus tapi jujur ​​saja kami tidak benar-benar muncul,” kata Robertson.

“Ukraina beradaptasi dengan permainan jauh lebih cepat daripada kami dan itu terus berlanjut. Kami tahu mereka mungkin akan lelah dan itulah masalahnya,” tambahnya.

“Kami harus mencoba dan bertahan dalam permainan tetapi kami tidak berhasil. Kami membiarkan diri kami terbuka untuk serangan balik karena kami harus mendorong untuk mencetak gol. Kami tidak bermain seperti yang kami inginkan,” tutup Robertson. (dam)

Exit mobile version