Ukraina Gagal Melangkah ke Piala Dunia di Qatar

Ukraina

Pemain Wales melakukam selebrasi setelah menang melawan Ukraina. Foto: skysports.com

INDOPOS.CO.ID – Ukraina gagal melangkah ke Piala Dunia 2022 yang akan digelar di Qatar akhir tahun ini. Sementara Wales dinyatakan lolos setelah mengalahkan Ukraina di Cardiff City Stadium, Minggu (5/6/2022) malam WIB dengan skor 1-0.

Penentuan kelolosan jalur A babak play-off kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa seharusnya sudah ketahuan sejak Maret lalu. Namun, pertandingan play-off harus ditunda sementara karena invasi Rusia terhadap Ukraina.

Ukraina baru bisa mengikuti pertandingan play-off pada Kamis (2/6/2022) lalu, dan berhasil mengalahkan Skotlandia dengan skor 3-1. Kemenangan itu membuat mereka melangkah ke babak final untuk bertemu dengan Wales.

Ukraina sebenarnya tampil lebih dominan sejak awal perandingan. Namun sial menimpa Ukraina ketika Andriy Yarmolenko mencetak gol bunuh diri pada menit ke-34. Ia berusaha menghalau umpan tendangan bebas dari Gareth Bale, namun justru membuat bola bersarang di gawang sendiri.

Pada menit ke-40, terlihat indikasi adanya pelanggaran di kotak penalti Wales setelah Yarmolenko dijatuhkan Joe Allen. Namun wasit dan VAR memutuskan kalau kontak yang terjadi di antara kedua pemain bukan pelanggaran.

Pada babak kedua Ukraina mencoba mengejar ketertinggalan. Pada menit ke-65, Ruslan Malinovskiy mencoba peruntungan dengan melepaskan tembakan dari luar kotak penalti. Sayang pemain Atalanta itu gagal menghasilkan gol karena bidikannya melebar dari sasaran.

Peluang ganda untuk Wales tercipta pada menit ke-76. Dimulai dari tembakan Brennan Johnson yang membentur tiang, Gareth Bale menerjang bola muntah dan membidik gawang. Arahnya tepat, tapi bola bisa dihentikan oleh Georgi Bushchan.

Ukraina kembali dibuat gigit jari oleh Hennessey di menit ke-84. Artem Dovbyk hampir menyelamatkan wajah Ukraina dari kekalahan dengan tusukannya ke kotak penalti. Hennessey menghentikan percobaan mencetak gol itu.

Tambahan waktu enam menit tidak cukup untuk membantu Ukraina mencetak gol. Kedudukan 1-0 bertahan hingga peluit panjang dibunyikan, untuk kemenangan Wales. (dam)

Exit mobile version